Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi keberagaman budaya alat musik melalui model kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas IV C MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yustikasari, Dwi (2019) Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi keberagaman budaya alat musik melalui model kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas IV C MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Yustikasari_D97216050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar keberagaman budaya alat musik mata pelajaran IPS di MIN 2 Sidoarjo. Proses pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa menjadi bosan dan pasif. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan hasil belajar keberagaman budaya alat musik. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui model kooperatif tipe talking stick.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV- C MIN 2 Sidoarjo pada materi keberagaman budaya alat musik mata pelajaran IPS?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar materi keberagaman budaya alat musik mata pelajaran IPS setelah diterapkannya model kooperatif tipe talking stick?.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model dari kurt lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi aktivitas guru dan siswa, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berjalan baik karena dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada penelitian ini diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 81,42 (baik) meningkat menjadi 98,61 (sangat baik) pada siklus II. Perolehan nilai hasil observasi aktivitas siswa siklus I 75,78 (cukup) meningkat menjadi 92,5 (sangat baik) pada siklus II. (2) Peningkatan hasil belajar keberagaman budaya alat musik model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada pra siklus 65,25 (kurang) menjadi 67,8 (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 82,14 pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar pada pra siklus 11% (kurang) menjadi 61% (kurang) pada siklus I meningkat menjadi 82% (baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yustikasari, Dwiherliniw93@gmail.comD97216050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIED196807221996031002
Thesis advisorBahri Musthofa, MuhammadUNSPECIFIED197307222005011005
Subjects: Kebudayaan
Kesenian
Budaya
Keywords: Hasil Belajar keberagaman budaya alat musik; Model kooperatif tipe talking stick.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yustikasari Dwi
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:12
Last Modified: 07 Jan 2020 04:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38337

Actions (login required)

View Item View Item