Kompleksitas Soal Dalam Pengajuan Masalah Tipe Post Solution Posing Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novianti, Anisha Wahyuni (2019) Kompleksitas Soal Dalam Pengajuan Masalah Tipe Post Solution Posing Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Anisha Wahyuni Novianti_ D74214053.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kompleksitas soal dalam pengajuan masalah yang adalah kerumitan soal yang dibuat siswa dengan memperhatikan beberapa aspek yang meliputi: variabel bahasa, tingkat kesulitan soal, dan tingkat berpikir kreatif siswa dalam pengajuan masalah. Variabel bahasa berkaitan dengan penggunaan kalimat dalam merumuskan masalah. Tingkat kesulitan masalah berkaitan dengan seberapa sulit masalah yang diajukan dapat diselesaikan. Tingkat berpikir kreatif berkaitan dengan kreativitas siswa dalam mengajukan masalah. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompleksitas soal dalam pengajuan masalah yang dibuat siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 siswa dengan ketentuan tiga siswa mewakili masing-masing gaya kognitif visualizer dan verbalizer dari kelas XI MIA 1 SMA Al Falah Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Hasil data tes tertulis dan wawancara akan dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa: kompleksitas soal yang dibuat siswa dalam pengajuan masalah tipe post solution posing siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer memiliki kecenderungan berada pada: level 2 (rendah), tingkat kesulitan soal mudah, dan tingkat berpikir kreatif 3 (kreatif). Kompleksitas soal yang dibuat siswa dalam pengajuan masalah tipe post solution posing siswa yang memiliki gaya kognitif verbalizer memiliki kecenderungan berada pada: level 4 (tinggi), tingkat kesulitan soal tinggi, dan tingkat berpikir kreatif 4 (sangat kreatif).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novianti, Anisha WahyuniNovianisa506@gmail.comD74214053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul UswahUNSPECIFIED198309262006042002
Thesis advisorSuparto, SupartoUNSPECIFIED196904021995031002
Subjects: Matematika
Keywords: Kompleksitas Soal; Gaya Kognitif; Visualizer; Verbalizer.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anisha Wahyuni Novianti
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:35
Last Modified: 06 Jan 2020 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38330

Actions (login required)

View Item View Item