Religiusitas Warganet Konsumen Meme di Media Sosial: studi pada Warganet Islam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jabbar, Ahmad Kamal Abdul (2019) Religiusitas Warganet Konsumen Meme di Media Sosial: studi pada Warganet Islam Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Kamal Abdul Jabbar_F02716153.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini Internet mengisi berbagai jenis kebutuhan informasi para warganet. Kecepatan arus informasi dan mudahnya akses adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan internet. Salah satu yang diuntungkan yakni meme bermuatan konten Islami yang banyak dijumpai di media sosial seperti Instagram. Tren gerakan hijrah yang membanjiri media sosial turut berperan dalam menggerakkan roda konsumsi dan persebaran meme Islami di Instagram. Sayangnya, Perbedaan kemampuan literasi yang dimiliki warganet membuat mereka rentan mengonsumsi informasi yang salah, khususnya untuk perihal Islam. Studi ini dimaksudkan untuk mencari jawaban tentang dari mana warganet muslim Surabaya mendapatkan ajaran-ajaran Islam, serta bagaimana warganet muslim Surabaya memposisikan meme Islami dalam religiusitas mereka. Jenis riset ini adalah fenomenologi dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori kognitif sosial Albert Bandura untuk menganalisa data penelitian. Hasil riset menemukan bahwa setidaknya warganet muslim Surabaya mendapatkan ajaran Islam dari 4 jenis hal meliputi pendidikan formal, pendidikan non-formal, lingkungan (sosial dan budaya), serta internet. Hasil studi juga menunjukkan bahwa warganet muslim memposisikan meme Islami kedalam dua posisi, pertama yakni meme Islami sebagai pembawa ajaran Islam untuk warganet, hal ini meliputi posisi meme Islami sebagai pengingat, hiburan, serta media belajar. Kedua yakni meme Islami sebagai hal yang digunakan untuk menyebarkan Islam (dakwah) dan juga media komunikasi antar sesama warganet.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jabbar, Ahmad Kamal Abdulakmalaljabeer@gmail.comF02716153
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Media
Internet
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Kamal Abdul Jabbar
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:15
Last Modified: 14 Jan 2020 07:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38327

Actions (login required)

View Item View Item