Evaluasi Kinerja dan Rencana Strategi Pada Supplier Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif: Studi Kasus Kerupuk “DACIL”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzuddin, Muchammad Ghozi (2019) Evaluasi Kinerja dan Rencana Strategi Pada Supplier Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif: Studi Kasus Kerupuk “DACIL”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Ghozi Izzuddin_G73216076.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kinerja dan rencana penerapan strategi yang akan dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kekuatan dalam persaingan bisnis dengan kompetitor. Adapun metodologi penelitian yang digunakan ialah wawancara dan observasi pada perusahaan yaitu CV. Telaga Jaya. Serta memberikan angket penilaian pada supplier yang telah bekerja sama dengan menggunakan metode analytical hierarchy process(AHP) dan importance performance analysis(IPA). Penggunaan metode AHP bertujuan untuk mengetahui bobot pada tiap kriteria dan sub-kriteria yang telah dijadikan acuan perusahan dalam memilih supplier. Serta dapat memberikan hasil perbandingan antar supplier. Untuk metode IPA digunakan untuk memberikan gambaran prioritas utama dan rendah serta kekuatan pada tiap supplier. Hasil dari wawancara tersebut, CV. Telaga Jaya memiliki kriteria pada supplier yaitu harga, kualitas, pembayaran, sikap, pengemasan, dan pelayanan perbaikan. Perusahaan tersebut juga telah bekerja sama dengan 7 supplier utama, yaitu: PT. KLM, PT. MY, PT. RM, PT. ASN, PT. ALV, PT. PTH, dan PT. MLK. Dari supplier tersebut PT. KLM berada pada peringkat pertama untuk supplier yang telah bekerja sama dengan perusahaan. Namun, setiap supplier memiliki kekurangan yang perlu dievaluasi oleh perusahaan agar kinerja supplier dapat lebih optimal. Terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki dalam jangka waktu dekat dan jauh. Dari adanya gambaran mengenai itu perusahaan dapat menyiapkan apa yang harus dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzuddin, Muchammad Ghoziizzddn.g@gmail.comG73216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.id198312282011012009
Subjects: Manajemen
Uncontrolled Keywords: Keunggulan kompetitif; Kriteria; Sub-kriteria; Supplier; Kinerja supplier; Rencana strategi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Muchammad Ghozi Izzuddin
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:31
Last Modified: 06 Jan 2020 08:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38315

Actions (login required)

View Item View Item