Tinjauan sejarah arsitektur dan fungsi sosial Masjid KH. Ahmad Dahlan kota Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Ela (2019) Tinjauan sejarah arsitektur dan fungsi sosial Masjid KH. Ahmad Dahlan kota Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img] Text
Ela Fatmawati_A92216069.pdf

Download (829kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul”Tinjauan Sejarah Arsitektur dan Fungsi Sosial Masjid KH. Ahmad Dahlan Kota Gresik”. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini meliputi, (1) Bagaimana Sejarah Masjid KH Ahmad Dahlan? (2) Bagaimana Konsep Arstektur Masjid KH Ahmad Dahlan? (3) Bagaimana peran Masjid KH Ahmad Dahlan dalam pembangunan umat? Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan dengan teori peran yang dikemukakan oleh Bruce J. Biddle dan Edwin J. Thomas, yakni mereka berdua menyamakan peristiwa yang diperankan oleh lakon yaitu seorang pelaku yang di perankan dalam panggung sandiwara dan terori sejarah arsitektur dari Ibnu Khaldun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Masjid KH Ahmad Dahlan di bangun ini bertujuan selain menjadi tempat ibadah juga menjadi tempat istirahatnya para musafir (melayani musafir) karena sejauh ini yang diamati oleh pendiri bahwa Masjid yang ada di Jawa Timur ini belum banyak Masjid yang terbuka umum 24 jam dan untuk istirahat musafir pun jarang sekali ada. Oleh karena itu, pendiri mendirikan masjid ini bertujuan khusus untuk melayani para musafir yang dari arah Gresik menuju Lamongan agar mereka bisa istirahat dengan tenang dan beribadah dengan tenang.(2) Masjid KH Ahmad Dahlan ini mengadopsi bangunan arsitektur dari kota Spanyol, serta memiliki nilai budaya baik lokal maupun non lokal juga memiliki beberapa simbol yang tersirat dalam bangunan arsitekturnya.(3) Peran utama masjid dibangun ia;ah untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, tetapi selain itu masjid juga mempunyai peran lainnya misalnya; masjid sebagai tempat majlis taklim dan lain sebagainya sehingga bisa menjadikan masjid menjadi tempat pembinaan bagi umat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Elaelafatmawati10@gmail.comA92216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, DwiUNSPECIFIED197712212005011003
Subjects: Arsitektur
Masjid
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah
Keywords: Arsitektur; Sejarah; Peran Sosial
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ela Fatmawati
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:12
Last Modified: 06 Jan 2020 04:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38301

Actions (login required)

View Item View Item