PENERIMAAN DIRI ORANG TUA TUNGGAL YANG MEMPUNYAI ANAK AUTIS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rufaidah, Nunung (2014) PENERIMAAN DIRI ORANG TUA TUNGGAL YANG MEMPUNYAI ANAK AUTIS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan gambaran penerimaan diri orang tua tunggal yang mempunyai anak autis, menemukan bentuk penerimaan diri orang tua tunggal yang mempunyai anak autis, menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan diri orang tua tunggal yang mempunyai anak autis dan Mencari kendala apa saja yang terjadi pada penerimaan diri orang tua tunggal yang mempunyai anak autis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan tipe penelitian studi kasus (case studies). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap subjek penelitian yang sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan koding terhadap hasil transkrip wawancara yang telah di verbatim. Hasil dari penelitian ini adalah subyek dapat menerima kenyataan atas kondisi anaknya yang didiagnosa menyandang autisme. Bentuk penerimaan diri pada subyek yaitu subyek tak lagi mengeluh dengan apa yang diterima, subyek sudah merasakan nyaman dengan apa yang dijalani. Subyek mengasuh seorang diri tanpa merasa berat, dan ikut serta dalam proses terapi serta tidak malu berada di umum meskipun anaknya dianggap berbeda. Penerimaan ini berdampak pada perannya sebagai orang tua tunggal yang tidak terasa beban, subyekpun telah memiliki cara untuk mengatur emosi serta bertoleransi dengan hidup yang harus dijalaninya seberat apapun. Subyekpun berusaha untuk memahami bagaimana keadaan anaknya, belajar memahami apa yang diinginkan anak dan harapan kesembuhan kepada anaknya sungguh besar karena subyekpun berpikir kelak ketika anaknya ditinggal mati, anaknya telah bisa menjadi seorang yang mandiri. Saran bagi subyek diharapkan lebih sabar dan tidak putus asa dengan apa yang harus dijalaninnya, saran bagi keluarga diharapkan semakin memberikan dukungan untuk subyek, saran bagi masyarakat diharapkan untuk lebih memahami kehidupan orang tua yang mempunyai anak autis dan saran untuk peneliti selanjutnya Diharapkan mampu memperhatikan faktor–faktor lain pada penerimaan serta anak autis dengan metode–metode dan sumber–sumber yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sjahudi Sirodj
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rufaidah, NunungUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Psikologi
Psikologi > anak
Uncontrolled Keywords: Orang Tua Tunggal; Autis
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 01:58
Last Modified: 09 Feb 2015 01:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item