Pengaruh citra lembaga dan lokasi terhadap keputusan pembelian jama'ah di PT. Mina Wisata Islami Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Husnul (2019) Pengaruh citra lembaga dan lokasi terhadap keputusan pembelian jama'ah di PT. Mina Wisata Islami Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husnul Khotimah_B04216015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Citra diartikan sebagai kesan seseorang tentang suatu pengetahuan dan pengalamannya. Citra yang buruk akan melahirkan dampak negatif bagi operasi bisnis lembaga, sedangkan citra yang baik dari suatu organisasi merupakan aset penting. Hal tersebut dikarenakan citra mempuyai suatu dampak persepsi konsumen dan operasi organisasi dalam berbagai hal. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi terbentuknya citra lembaga di masyarakat adalah mudah atau tidaknya akses jalan untuk menuju lokasi lembaga. Lokasi adalah serangkaian organisasi yang terkait dalam semua kegiatan. Hal tersebut digunakan untuk menyalurkan produknya dan status pemilikannya dari produsen ke konsumen Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra lembaga dan lokasi terhadap keputusan pembelian jama’ah secara parsial maupun simultan. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai paling dominan/ tertinggi yang mempengaruhi keputusan pembelian jama’ah serta untuk memprediksi tingkat keputusan pembelian jama’ah di PT. Mina Wisata Islami Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantatif. Jenis penelitian ini adalah menggunakan hipotesis asosiatif. Peneliti menggunakan teknik analisa data uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda untuk menjawab tujuan penelitian. Penelitian ini berlokasi di PT. Mina Wisata Islami Surabaya dengan jumlah 89 responden. Penelitian ini mengahasilkan enam jawaban dari beberapa rumusan masalah mengenai citra lembaga dan lokasi. Berikut adalah penjelasannya: Pertama, terdapat pengaruh signifikan pada citra lembaga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial. Dua variabel tersebut memiliki nilai p value 0,000<0,05. Kedua, terdapat pengaruh signifikan pada citra lembaga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen secara simultan. Dua variabel tersebut memiliki nilai p value 0,000. Ketiga, variabel citra lembaga dan lokasi memiliki nilai korelasi terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 0,626. Nilai 0,626 menunjukkan nilai hubungan yang tinggi/ kuat yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen. Keempat, citra lembaga memiliki nilai korelasi sebesar 0,603, dan lokasi memiliki nilai korelasi sebesar 0,626. Hal tersebut menunjukkan bahwa, nilai korelasi citra lembaga dan lokasi memperoleh hasil kontribusi yang tinggi/ kuat. Kelima, variabel yang paling dominan di antara citra lembaga dan lokasi adalah lokasi. Hal tersebut dikarenakan variabel lokasi memperoleh nilai 0,626. Keenam, model regresi ini dapat digunakan sebagai prediksi keputusan konsumen di masa yang akan datang. Hal tersebut dikarenakan nilai SEE lebih kecil daripada nilai standart deviation, yaitu 2,23176 < 2,83600. Peneliti mengalami kesulitan pada saat melakukan penyebaran kuesioner di kepulangan jama’ah di T2 Bandara Juanda Surabaya. Hal tersebut dikarenakan kurangnya tim dalam membantu penyebaran kuesioner tersebut. Tetapi peneliti tetap berusaha menemui responden untuk mengisi kuesioner.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Husnulhusnul.khotimah004@gmail.comB04216015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSubandi, BambangBangbandi@yahoo.com197403032000031001
Subjects: Haji
Manajemen Dakwah
Uncontrolled Keywords: Citra lembaga; lokasi; keputusan konsumen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Husnul Khotimah
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:15
Last Modified: 17 Feb 2020 05:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38291

Actions (login required)

View Item View Item