Strategi Defensif Mayarakat Muslim dalam Toleransi Agama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Ainun (2019) Strategi Defensif Mayarakat Muslim dalam Toleransi Agama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Fitri_I73216063.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sosiologi agama menjadi tema dalam penulisan skripsi yang berjudul “Strategi Defensif Masyarakat Muslim Dalam Toleransi Beragama”. Pembahasan yang dikaji didalamnya meliputi 1 rumusan masalah yaitu bagaimanakan masyarakat lokal desa Rowotengah kecamatan Sumberbaru kabupaten Jember dan desa Kemantren kecamatan Paciran kabupaten Lamongan merespon dan melakukan tindakan defensive untuk mempertahankan nilai-nilai agama dalam menghadapi tantangan pluralisme. Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mencari perbedaan strategi defensive masyarakat muslim di desa Rowotengah dan desa Kemantren terhadap toleransi agama dengan warga non muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif, dalam jenis deskriptif dan komparatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisa fenomena sosial yang terjadi pada masyarakat adalah teori structural fungsional Talcott Parsons. Skripsi ini dilakukan dengan tujuan yakni menjadi pembelajaran dan memberi kesadaran kepada para pembaca mengenai pentingnya toleransi sesama manusia tanpa melihat agama apa yang dianutnya. Hasil penelitian yang ditemukan dalam skripsi ini adalah (1) model toleransi antara mayarakat muslim desa Rowotengah dan masyarakat muslim desa Kemantren memiliki perbedaan. Yaitu Masyarakat muslim di desa Rowotengah bersikap toleransi atas ajaran agama. Sedangkan masyarakat muslim desa Kemantren bertoleransi karena secara tidak langsung mereka memiliki keperluan yang sama di bidang ekonomi. (2) masyarakat desa Rowotengah memiliki strategi defensif dengan model dramaturgi, sedangkan masyarakat desa Kemantren dapat dapat beradaptasi dan mengintegrasikan dirinya dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Ainunainunfitri280@gmail.comI73216063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabidabufida@gmail.com2023067704
Subjects: Sosiologi Islam
Toleransi
Keywords: Toleransi; Agama; strategi defensif
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ainun Fitri
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:23
Last Modified: 03 Jan 2020 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38276

Actions (login required)

View Item View Item