Islamisasi masyarakat Samin Dusun Jepang Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taslima, Benang Raja Akbar Sakti (2019) Islamisasi masyarakat Samin Dusun Jepang Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Benang Raja Akbar Sakti Taslima_A92216066.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Islamisasi Masyarakat Samin Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro” ini fokus untuk mengkaji (1) bagaimana gambaran umum Kabupaten Bojonegoro (2) bagaimana kebudayaan Masyarakat Samin Dusun Jepang Bojonegoro (3) bagaimana tahapan islamisasi Masyarakat Samin Dusun Jepang Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian antropologi, dan pendekatan yang digunakan yaitu Antropologi Kognitif untuk menggambarkan tentang kelakuan dan artefak yang berperan dalam perkembangan agama Islam Masyarakat Samin di dusun Jepang Bojonegoro. Teori yang digunakan yaitu teori local genius yang digunakan penulis untuk melacak penerimaan Masyarakat Samin Dusun Jepang Bojonegoro atas Islamisasi yang terjadi di lingkungan Dusun Jepang Bojonegoro. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Kabupaten Bojonegoro berada di Jawa Timur, yang memiliki kekayaan alam melimpah. pada masa Kerajaan Mataram menjadi wilayah Mancanegari, yaitu tempat yang jauh dari Keraton di Yoyakarta dan Surakarta. (2) Masyarakat Samin adalah masyarakat yang melakukan gerakan perlawanan tanpa senjata terhadap kolonialisme Belanda. memiliki pedoman hidup yang disepakati bersama yaitu pedoman Saminisme. Dari pedoman hidup yang dimiliki dapat dilihat bahwa pedoman Masyarakat Samin Dusun Jepang Bojonegoro sangat dekat dengan ajaran Islam, bahkan secara tidak langsung Masyarakat Samin telah melaksanakan Syari’at Islam. (3) tahapan Islamisasi yang ada di Masyarakat Samin Dusun Jepang Bojonegoro dapat dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu peletakan Islam dasar, pelaksanaan ibadah rutin, dan terbentuknya lembaga keislaman di Dusun Jepang Bojonegoro. Dan mengindikasikan bahwa masyarakat menggunakan paham saminisme yang masih relavan dan menjalankan peran sebagai umat islam, tidak hilang pedoman saminismenya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taslima, Benang Raja Akbar Saktibenang.akbar@gmail.comA92216066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMasyhudi, MasyhudiUNSPECIFIED195904061987031004
Subjects: Islam dan Humanisme
Kebudayaan Jawa
Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Bojonegoro; Masyarakat Samin; dan Islamisasi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Benang Raja Akbar Sakti Taslima
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:34
Last Modified: 06 Jan 2020 04:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38257

Actions (login required)

View Item View Item