Pengaruh pelayanan administrasi terhadap kepuasan peserta diklat di Balai Diklat Keagamaan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasani, Akmal (2019) Pengaruh pelayanan administrasi terhadap kepuasan peserta diklat di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akmal Hasani B94216041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh intensitas pelayanan administrasi yang sangat tinggi di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Balai Diklat Keagamaan Surabaya melaksanakan kegiatan diklat pada setiap pekan. Jumlah peserta cukup banyak yang melakukan diklat. Peserta diklat mencapai 140 peserta. Selain itu, Balai Diklat Keagamaan Surabaya menyediakan ruangan khusus untuk registrasi bagi peserta diklat. Oleh karena itu, kegiatan layanan administrasi di Balai Diklat Keagamaan Surabaya memiliki perbedaan dengan kegiatan diklat di tempat yang lainnya. Tiga rumusan masalah diangkat dalam penelitian ini. Pertama, apakah pelayanan administrasi memiliki hubungan terhadap kepuasan peserta diklat. Kedua, apakah pelayanan administrasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan peserta diklat. Ketiga, berapa nilai pelayanan administrasi memengaruhi kepuasan peserta diklat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Di samping itu, penelitian ini memakai jenis hipotesis asosiatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dalam hal analisa, peneliti menggunakan uji regresi linier sederha untuk menjawab rumusan masalah di atas. Dari hasil yang didapatkan, hasil penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan pelayanan administrasi terhadap kepuasan peserta diklat dengan nilai ƿ value ≤ 0,05 (0,000 ≤ 0,05). Nilai tersebut dapat dilihat pada tabel “Anova”. Selain itu, pelayanan administrsai memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kepuasan peserta diklat dengan nilai 0,871. Nilai tersebut dapat dilihat pada tabel “Correlations”. Hasil tersebut menunjukkan, bahwa pelayanan administrasi memiliki pengaruh yang signifikan dan hubungat yang sangat kuat terhadap kepuasan peserta diklat. Makna hubungan tersebut adalah apabila nilai pelayanan administrasi dinaikkan, maka nilai kepuasan peserta diklat akan bertambah. Namun, apabila nilai pelayanan administrasi diturunkan, maka nilai kepuasan peserta diklat akan turun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasani, Akmalakmalhasani546@gmail,comB94216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorsubandi, bambangUNSPECIFIED197140303200003101
Subjects: Administrasi > Administrasi Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Akmal Hasani
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:21
Last Modified: 03 Jan 2020 07:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38251

Actions (login required)

View Item View Item