Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Dalam Tinjauan Teori Tindakan Sosial Max Weber : Studi di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gushendi, Dendi (2019) Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Dalam Tinjauan Teori Tindakan Sosial Max Weber : Studi di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
DENDI GUSHENDI_I73215059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah mengenai bagaimana partisipasi masyarakat desa Dadapan dalam mengembangkan desa wisata. Apa saja faktor pendorong dan faktor penghambat masyarakat desa Dadapan dalam mengembangkan desa wisata. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehingga data-data yang diperoleh dilapangan diterangkan secara deskriptif, mendalam dan menyeluruh. Teori yang digunakan dalam mengkaji permasalahan yang diangkat ke dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial yang dikemukakan oleh Max Weber. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di desa Dadapan bahwa terdapat dua temuan : 1) Adanya partisipasi yang aktif dari masyarakat desa Dadapan dalam mengembangkan desa wisata. Terdapat bentuk partisipasi dalam pengembangan desa wisata di desa Dadapan yaitu Bentuk partisipasi dari ide gagasan dari masyarakat desa dadapan, bentuk partisipasi tenaga masyarakat desa Dadapan dan bentuk partisipasi inovasi kreatif yang telah dilakukan oleh masyarakat desa Dadapan. Temuan yang ke 2) Adanya faktor pendorong dan faktor penghambat yang melatarbelakangi masyarakat dalam melakukan partisipasi mengembangkan desa wisata Dadapan. Faktor pedorongnya anatara lain keinginan masyarakat desa dadapan sendiri untuk ingin berkembang, faktor ekonomi dimana masyarakat desa Dadapan ekonominya masih sangat rendah sehingga ada keinginan untuk sejahtera, kemudian peran Pemdes sebagai motivator untuk mengembangkan desa wisata. Faktor penghambatnya antara lain rendahnya kesadaran masyarakat dalam pengembangan desa wisata, sosialisai yang kurang dari pihak Pokdarwis dan Pemdes terkait pengembangan desa wisata.serta kesibukan pekerjaan masyarakat desa Dadapan dalam partisipasi pengembangan Desa wisata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gushendi, Dendidendinarutooo@gmail.comi73215059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, SitiUNSPECIFIED197703012007102005
Subjects: Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Dendi Gushendi
Date Deposited: 03 Jan 2020 09:04
Last Modified: 03 Jan 2020 09:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38246

Actions (login required)

View Item View Item