Analisis Maṣlaḥah Mursalah terhadap larangan pengajuan praperadilan oleh tersangka yang melarikan diri atau berstatus DPO berdasarkan SEMA nomor 1 tahun 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ravi, Rois Fadzi Ahmad (2019) Analisis Maṣlaḥah Mursalah terhadap larangan pengajuan praperadilan oleh tersangka yang melarikan diri atau berstatus DPO berdasarkan SEMA nomor 1 tahun 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rois Fadzi Ahmad Ravi_C93216104.pdf

Download (965kB)

Abstract

Larangan pengajuan praperadilan oleh tersangka melarikan diri atau memiliki status DPO yang ditetapkan penyidik merupakan sebuah langkah terobosan hukum yang dilakukan Mahkamah Agung untuk menyempurnakan kekosongan aturan dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 1981 tentang Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), dimana dalam KUHAP terdapat celah yang bisa dilakukan oleh tersangka yang melarikan diri untuk mengajukan permohonan praperadilan melalui kuasa hukum atau keluarganya. Namun penetapan larangan yang dituangkan dalam SEMA Nomor 1 Tahun 2018 tersebut merusak tatanan hukum yang ada, karena dalam muatannya terdapat poin yang mereduksi hak asasi namun tidak ada langkah pengujian dalam SEMA itu sendiri. meskipun jika dilihat dari sisi kemashlahatan SEMA tersebut sudah memberikan dampak kemanfaatan dan menolak sebuah keburukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ravi, Rois Fadzi AhmadRavi.psyker@gmail.comC93216104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoh, HattaHatta_marina@yahoo.com197110262007011012
Subjects: Hukum > Hukum Pidana
Hukum
Hukum > Hukum Pidana Islam
Hukum Islam > Pidana Positif
Keywords: SEMA; Laranga Pengajuan Praperadilan; Maslahah Mursalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Rois Fadzi Ahmad Ravi
Date Deposited: 06 Jan 2020 05:11
Last Modified: 06 Jan 2020 05:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38243

Actions (login required)

View Item View Item