MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALAMIAH PADA SISWA KELAS IV MIN JAMBANGAN KOTA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015

Faizah, Lailatul (2014) MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALAMIAH PADA SISWA KELAS IV MIN JAMBANGAN KOTA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan dengan menggunakan alat peraga alamiah pada kelas IV MIN Jambangan Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2014/2015 dan untuk mengetahui peningkatkan pemahaman mata pelajaran IPA materi bagian – bagian tumbuhan dengan menggunakan alat peraga alamiah pada siswa kelas IV MIN Jambangan kota Surabaya pada tahun Pelajaran 2014-2015. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan pemahaman mata pelajaran IPA materi bagian – bagian tumbuhan. Sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan alat peraga alamiah
Karya ilmiah ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN Jambangan yang berjumlah 30 siswa. Teknis pengumpulan data menggunakan teknis dukumentasi, tes, observasi dan wawancara. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah validitasi. Teknis analisis data yang digunakan analisis interatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga alamiah dapat meningkatkan pemahaman mata pelajaran IPA materi bagian – bagian tumbuhan. Hal ini terbukti dengan kondisi awal sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 58,5 dengan presentasi 30%. Pada siklus I nilai rata-rata 66,5 dengan presentase 53,33%. Dan nilai rata-rata pada siklus II 80,17 dengan presentase ketuntasan 90%. Sebelum diadakan penelitian siswa yang memperoleh nilai 75 sebanyak 7. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai 75 sebanyak 12 siswa. Dan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai 75 sebanyak 14. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga alamiah dapat meningkatkan pemahaman mata pelajaran IPA materi bagian – bagian tumbuhan pada siswa kelas IV MIN Jambangan Kota Surabaya

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Irma Soraya
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan kelas; Model alat peraga alamiah
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:13
Last Modified: 22 Jan 2016 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3821

Actions (login required)

View Item View Item