Eksistensi Netizen Di Ruang Media Sosial: studi Kasus Foto Diri Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tuffatul, Azizah (2019) Eksistensi Netizen Di Ruang Media Sosial: studi Kasus Foto Diri Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tuffatul Azizah_I73215074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era digital tidak terlepas dengan media sosial dalam situasi tersebut mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menggunakan media sosial selain untuk berinteraksi juga digunakan untuk ber eksistensi melalui foto diri di dunia maya, dari fenomena tersebut permasalaha yang dikaji peneliti yakni pertama, bagaimana eksistensi netizen mahasiswa FISIP melalui foto diri di media sosial. kedua, apa motif mahasiswa FISIP posting foto diri. ketiga, apakah ada makna dibalik dari sebuah foto diri dan yang terakhir apa saja karakteristik mahasiswa FISIP lakukan.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Uin Sunan Ampel Surabaya ini adalah teori Simulacra Jean Baudrillard dan Tindakan George Hebert Mead.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa eksistensi netizen bisa dilihat dari ke aktifan mereka dalam memposting foto diri di media sosial baik itu di fitur Story WhatsApp, story atau Feeds Instagram maupun di wall atau story Facebook. Netizen menganggap bahwa ketika mereka sudah memposting foto diri, mereka secara tidak langsung berupaya eksis di media sosial. Postingan yang dilakukan netizen memiliki motif supaya temannya mengetahui dirinya masih aktif di media sosial, ingin mengungkapkan identitas dirinya dengan foto, ingin mengabadikan setiap moment yang terjadi. Foto diri yang mereka sering lakukan yaitu selfie, photo trip, foto candid dan Foto outfit of the day. Dari karakter foto yang sering netizen lakukan memiliki makna bagi pemilik akun tersebut seperti memberikan warna hitam putih yang menandakan suasana kesedihan pemilik akun

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tuffatul, Azizahtuffatulazizah@gmail.comI73215074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHusnul, MuttaqinUNSPECIFIED197801202006041003
Subjects: Media Massa
Sosiologi
Keywords: Eksistensi; Media Sosial dan Foto Diri.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Tuffatul Azizah
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:25
Last Modified: 06 Jan 2020 04:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38206

Actions (login required)

View Item View Item