Integrasi terapi Quantum Ikhlas dan terapi Zikir terhadap pecandu narkoba: studi kasus Pondok Pesantren Suryalaya XIX Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanum, Latifah (2019) Integrasi terapi Quantum Ikhlas dan terapi Zikir terhadap pecandu narkoba: studi kasus Pondok Pesantren Suryalaya XIX Surabaya. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifah Hanum_E07215033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berusaha membahas tentang terjadinya patologi sosial yang terjadi sekarang, berupa penyalahgunaan Narkoba yang semakin hari semakin banyak digunakan bagi masyarakat luas. Skripsi ini merujuk pada Pondok Pesantren Suryalaya XIX Surabaya. Dan penelitian ini memfokuskan pada permasalahan pada Terapi Quantum Ikhlas bisa menjadi solusi dan metode dzikir yang ada diterapkan di Pondok Pesantren Suryalaya XIX Surabaya menjadi solusi penyembuhan pecandu narkoba, dan hasil dari Terapi Quantum Ikhlas dan Metode Dzikir di dalam Pondok Pesantren Surabaya bisa menjadi kesatuan solusi dalam membenahi permasalahan ini. Tujuannya untuk memaparkan pengaplikasian dari Terapi Quantum Ikhlas dan metode dzikir sehingga menjadi kesatuan solusi dalam menangani pecandu narkoba. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data yang diperoleh meliputi observasi, wawancara dan analisis. Terapi Quantum Ikhlas berupaya untuk membuat pikiran dan hati yang positif sebagai bahan dasar untuk menciptakan suatu kehidupan yang lebih baik, bahagia, nikmat dan penuh rahmat dari Allah. Metode dzikir berupaya untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan, menanamkan moral yang baik dan menguatkan iman kepada Allah. Hasil dari Terapi ini diharapkan pecandu narkoba menjadi positif dalam tingkah lakunya, pikiran dan hatinya, menjadi pribadi yang lebih baik, ikhlas dan memasrahkan segala urusannya kepada Allah. Hasil dari penelitian ini bahwa Terapi Quantum Ikhlas dan Metode Dzikir dapat dijadikan salah satu solusi untuk membenahi kepribadian para pecandu narkoba. Dengan pendekatan psikologi islam yang berupaya menyentuh mental pecandu narkoba untuk menjadi kepribadian yang lebih baik lagi. Dengan upaya memfungsikan pikiran dan hati para pecandu menjalankan proses penyembuhannya dengan metode dzikir yang sudah ditetapkan dalam Pondok Pesantren Suryalaya XIX Surabaya, berupaya untuk lebih dekat dengan Allah guna untuk menanamkan moral baik dan membangun dan mnguatkan iman kepada Allah. Sehingga dapat dijadikan pondasi untuk menjalani kehidupan di dunia dan dalam mengahapi suatu masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanum, Latifahiev.hanum29@gmail.comE07215033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAfandi, Abdullah KhozinUNSPECIFIED2007035301
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Narkotika
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: iev latifah hanum iev
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:09
Last Modified: 03 Jan 2020 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38204

Actions (login required)

View Item View Item