Perempuan dan politik elektoral: strategi kampanye Calon Legislatif petahana PKB terpilih di daerah pemilihan Jawa Timur II dalam pemilu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah provinsi Jawa Timur 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Eka Lukita (2019) Perempuan dan politik elektoral: strategi kampanye Calon Legislatif petahana PKB terpilih di daerah pemilihan Jawa Timur II dalam pemilu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah provinsi Jawa Timur 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Lukita Sari_I71216060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti melihat kemenangan caleg petahana dalam pemilu DPRD Provinsi Jatim 2019. Selain itu, caleg petahana merupakan satu-satunya caleg perempuan yang lolos dari enam kursi yang diperebutkan di daerah pemilihan Jawa Timur II. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana segmentasi pemilih, positioning kandidat, dan strategi penjangkauan pemilih yang dilakukan oleh caleg petahana PKB terpilih di dapil Jatim II dalam pemilu DPRD Provinsi Jawa Timur 2019. Untuk menjawab permasalahan ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi dengan menggunakan teori utama kampanye pemasaran politik Newman dan teori pendukung patronase klientalisme dari Edward Aspinal dan Mada Sukmajati. Hasil dari ini penelitian ini yaitu segmentasi yang dibangun oleh kandidat adalah sementasi berdasarkan aspek demografi (bidang organisasi masyarakat, jenis kelamin, dan pekerjaan) dan berdasarkan perpaduan aspek geografi dan kedekatakan hubungan. Positioning yang dilakukan dalam konteks kandidat, partai politik, dan isu kampanye. Dalam aspek kandidat, kandidat merupakan kader otentik dan kader militan karena kiprahnya dalam organisasi naungan NU. Dalam konteks partai politik, PKB selalu menjadi partai pemenang dalam setiap pemilu legislatif maupun pemilu eksekutif di Kabupaten Sidoarjo sehingga menjadi pembeda dengan partai lainnya. Dan dalam aspek isu kampanye, kandidat membangun isu kampanye terkait infrastruktur, pendidikan, fasilitas organisasi dan lapangan pekerjaan, keterjangkauan harga pokok, serta literasi perempuan.Dalam menjangkau pemilih, kandidat melakukan pertemuan langsung dengan masyarakat (push political marketing). Kandidat juga menggunakan individu dan organisasi masyarakat berbasis massa dalam kampanyenya (pass political marketing). Kandidat juga membentuk citra di benak pemilih melalui berbagai media (pull political marketing). Kampanye yang dilakukan kandidat tidak terlepas dengan praktik patronase dan klientalisme. Patronase yang dilakukan berupa pemberian uang, barang pribadi, barang kelompok, dan proyek gentong babi. Cara untuk membuat patronase berjalan dengan efektif adalah dengan membentuk relasi yang murni klientalistik. Relasi yang dibangun kandidat dijadikan informan perantara yang meliputi tim sukses, mesin-mesin jaringan, dan partai politik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Eka Lukitaekalukita0@gmail.comI71216060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko@uinsby.ac.id197411102003121004
Subjects: Politik
Partai Politik
Nahdlatul Ulama
Keywords: Strategi Kampanye; Pemilu Legislatif; Partai Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Eka Lukita Sari
Date Deposited: 15 Jan 2020 06:27
Last Modified: 15 Jan 2020 06:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38203

Actions (login required)

View Item View Item