Resolusi Hijrah Komunitas Kahf Surabaya Perspektif Filsafat Moral Immanuel Kant

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulinda, Lilis Meilia (2019) Resolusi Hijrah Komunitas Kahf Surabaya Perspektif Filsafat Moral Immanuel Kant. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilis Meilia Yulinda_E21215067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang bagaimana resolusi hijrah komunitas Kahf Surabaya. Penelitian ini berawal dari banyaknya istilah hijrah yang sedang tren dikalangan generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fenomena hijrah pada saat ini khususnya di wilayah kota Surabaya melalui salah satu komunitas hijrah, yaitu komunitas Kahf Surabaya dan menganalisisnya dalam perspektif filsafat moral Immanuel Kant. Makna hijrah pada zaman nabi dengan era milenial saat ini juga sudah berbeda. Pada zamannya nabi, hijrah diartikan dengan perpindahan. Berpindah disini diartikan dengan perpindahan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah karena adanya ancaman dari suku Quraisy yang menentang dakwah Nabi. Namun pada era milenial saat ini hijrah justru lebih diartikan dengan perubahan seseorang dari yang sebelumnya buruk menjadi ke arah yang lebih baik atau bertobat. Hal ini bisa terlihat dengan semakin banyaknya generasi milenial yang merubah penampilan mereka seperti memakai baju yang syar’i, kerudung yang panjang, mengenakan cadar, menumbuhkan jenggot, memakai celana cingkrang. Fenomena ini menunjukkan banyak generasi milenial yang tidak memahami arti hijrah yang sebenarnya, mereka memaknai hijrah lebih ke arah merubah penampilan. Untuk menjawab permasalahan yang ada di lapangan peneliti menggunakan analisis filsafat moral Immanuel Kant yang terdapat dualitas imperatif yaitu, imperatif hipotetis dan imperatif kategoris hal ini digunakan untuk mengetahui apakah tindakan seseorang tersebut bermoral atau tidak bermoral.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulinda, Lilis Meilialilismeilia05@gmail.comE21215067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, MuktafiUNSPECIFIED196008131994031003
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat WakhidUNSPECIFIED198011262011011004
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Hijrah; Moralitas Immanuel kant.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Lilis Meiliya Yulinda
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:06
Last Modified: 03 Jan 2020 08:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38198

Actions (login required)

View Item View Item