Terapi spiritual dzikir Asma' Berojomusti bagi penderita gangguan jiwa dan pecandu narkoba di Ponpes Dzikrussyifa' Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Faris (2019) Terapi spiritual dzikir Asma' Berojomusti bagi penderita gangguan jiwa dan pecandu narkoba di Ponpes Dzikrussyifa' Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faris Aulia_E07215006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses. terapi spiritual Zikir Asma’ Berojomusti bagi penderita gangguan jiwa dan pecandu narkoba di pondok pesantren Dzikrussyifa’ Paciran Lamongan? (2) Bagaimana pengaruh terapi spiritual Zikir Asma’ Berojomusti bagi penderita gangguan jiwa dan pencandu narkoba di pondok pesantren Dzikrussyifa’ Paciran Lamongan?.Dalam menjawab pertanyaan diatas, peneliti mengunakan metode penelitian kualitatif. Pada penelitian kali ini analisa yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif. adalah teknik yang digunakan dalam membaca rumusan masalah yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Dalam proses ini disimpulkan bahwa proses terapi dilakukan dengan mengunakan langkah-langkah identifikasi masalah, analisis, adzan, pijat relaksasi, mandi, dzikir dan follow up. Dalam pemberian terapi untuk penderita gangguan jiwa di Ponpes Dzikrussyifa’ Asma’ Berojomusti pasien akan diberikan terapi zikir, yaitu dengan menyadarkan pasien yang menderita gangguan kejiwaan (non medis) sadar akan dirinya sendiri dan Tuhan. Adapun hasil akhir yang ditunjukkan dari proses terapi Asma’ Berojomusti dalam penelitian ini adalah adanya perubahan pada sikap pasien yang sebelumnya: perilakunya tidak seperti orang normal biasanya, agresif, mudah tersinggung, dan marah, keinginanya sulit untuk dikendalikan, sering berbicara sendiri, suka menyendiri, tidak merasa sakit, merasa hebat, keluyuran tanpa tujuan, tidak mau diobatkan, dan tidak bisa merawat diri sendiri. Akhirnya berubah bersikap positif dan sekarang pasien sudah mulai menjalani hidup mandiri, mampu bersosialisasi dengan lingkungan, mampu mencukupi kehidupan pribadi, aktif beribadah, dan menikmati suasana kehidupanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Farisfarisaulia.fa@gmail.comE07215006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, NasruddinUNSPECIFIED197308032009011005
Thesis advisorYazid, SyaifullohUNSPECIFIED197910202015031001
Subjects: Terapi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: faris aulia
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:38
Last Modified: 03 Jan 2020 06:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38194

Actions (login required)

View Item View Item