السجع في سور التكوير، الغاشية، والحاقة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bachrudin, Asmin Fadillah Sari (2019) السجع في سور التكوير، الغاشية، والحاقة. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asmin Fadilla_A91216113.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW, dengan perantara malaikat Jibril. Dalam Al-Qur’an terdapat 114 surat dimana 3 diantaranya menjadi objek penelitian dalam skripsi ini.Surat yang pertama menjadi objek penelitian ini adalah surat At-Takwir merupakan golongan surat makiyyah terdiri atas 29 ayat, surat yang kedua adalah surat Al-Ghosyiyah yang merupakan golongan surat makiyyah terdiri atas 26 ayat, surat yang terkahir adalah surat Al-Haqqah merupakan golongan surat makiyyah terdiri atas 52 ayat.Tiga surat tersebut membahas tentang kejadian-kejadian pada hari kiamat, dalam surat-surat tersebut terdapat banyak sekali unsur sajak, sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji surat-surat tersebut dari segi balaghohnya terutama pada bagian sajak. Oleh sebab itu peneliti memilih 3 surat tersebut sebagai objek penelitian ini yang berjudul “Sajak dalam surat At-Takwir, Al-Ghosyiyah dan Al-Haqqah”.Sajak adalah penyesuaian dua akhir kata pada huruf akhirnya fashilah atau persamaan pada wazen serta qofiyahnya. Sajak memiliki 3 macam bentuk yaitu : 1. Sajak Muttorof merupakan 2 kalimat atau lebih dimana huruf akhirnya sama tetapi wazannya berbeda, 2. Sajak Muttawazi merupakan 2 kalimat atau lebih yang memiliki kesamaan dalam segi wazannya, 3. Sajak Murosho merupakan 2 kalimat yang memiliki kesamaan baik dalam huruf akhrnya maupun bentuk wazannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk sajak dalam surat At-Takwir, Al-Ghosyiyah dan Al-Haqqah dan bagaimanakah bentuk sajak yang baik dalam surat-surat tersebut.Metode penilitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif deskriptif, yakni metode yang pengumpulan datanya berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Metode analisis yang digunakan adalah analisis balaghi yaitu : 1.Peneliti Membaca surat At-Takwir, Al-Ghosyiyah dan Al-Haqqah ayat-demi ayat, 2.Mengumpulkan ayat-ayat yang menandung sajak, 3.Mengelompokkan ayat-ayat tersebut sesuai bentuk sajaknya, 4.Kemudian mulai mengkaji serta meneliti ayat-ayat tersebut. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdapat 3 bentuk sajak dalam surat-surat tersebut, serta bentuk sajak yang baik dalam surat-surat tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bachrudin, Asmin Fadillah Sariasminfadhilah689@gmail.comA91216113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSu'ud, Thoriqmailto:thoriqussuud@uinsby.ac.id198011182009121002
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Asmin Fadillah Sari Bachrudin
Date Deposited: 03 Jan 2020 09:12
Last Modified: 03 Jan 2020 09:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38190

Actions (login required)

View Item View Item