Konsep Keluarga Berencana Perspektif Tafsir Maqasidi Ibn 'Ashur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haristy, Frenetha (2019) Konsep Keluarga Berencana Perspektif Tafsir Maqasidi Ibn 'Ashur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Frenetha Haristy_E03215016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sebuah pandangan tradisional, bahwa manusia menjalin hubungan perkawinan secara kodrati adalah demi memiliki keturunan, bahkan secara lazim dikatakan tujuan perkawinan adalah untuk mendapatkan keturunan. Namun pandangan itu berbanding terbalik dengan slogan 'dua anak lebih baik, tiga cukup, laki atau perempuan sama saja' yang mana seakan membatasi kelahiran dan menyalahi kodrat. Dalam al-Quran dan Hadits tidak ada nas yang melarang atau memerintahkan KB secara eksplisit. Bermuara dari persoalan inilah penelitian ini dibuat dengan tujuan menjelaskan landasan pemikiran KB, khususnya Ibn 'Ashur dalam menafsirkan ayat-ayat keluarga berencana yang ditinjau dari maqasid al-Shariah. Hasil dari penelitian ini adalah ayat-ayat keluarga berencana yang ditafsirkan terdapat relevansi dengan teori maqasid al-Shariah yang Ibn 'Ashur gagas, yaitu al-samahah dan al-hurriyah. Suatu sikap toleransi yang muncul untuk tetap menjaga kondisi ibu dan anaknya, serta adanya kebebasan yang diatur dalam HAM untuk pengaturan dalam kehamilan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haristy, Frenethafrenethaharisty@gmail.comE03215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, Abu Bakarabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id197604162005011004
Subjects: Keluarga > Keluarga Berencana
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Haristy Frenetha
Date Deposited: 03 Jan 2020 09:21
Last Modified: 03 Jan 2020 09:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38186

Actions (login required)

View Item View Item