Studi Analisis Genealogis Michel Foucault Terhadap Narasi Politik Amien Rais Tentang Pemilu Presiden

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rodliyah, Siti (2019) Studi Analisis Genealogis Michel Foucault Terhadap Narasi Politik Amien Rais Tentang Pemilu Presiden. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rodliyah_E21215079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah studi mengenai fenomena sebuah narasi yang berkaitan dengan pemilu presiden yang disamakan dengan perang, di mana yang kita tau bahwa narasi adalah karangan yang berisikan serangkaian peristiwa dan masalahnya didukung oleh pelaku atau para tokoh serta memerlukan imajinasi yang disusun secara kronologis, akhir-akhir ini narasi tersebut sedang ramai diperbincangkan di media sosial, karena banyak sekali yang tidak menegerti akan maksud dari narasi tersebut yang menyamakan pemilu presiden dengan perang. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti apa makna yang terkandung di dalam narasi ini, serta mengkaitkan narasi tersebut dengan menggunakan teori genealogi kekuasaan Michel Foucault, ia adalah seseorang yang mengembangkan metode arkeologi dan genealogi guna mengungkapkan keberadaan dan relasi antara pengetahuan dan kekuasaan dalam masyarakat. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif atau kepustakaan yang mengkaji buku-buku dan literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang ingin diteliti, dalam hal ini peneliti menggunakan teori genealogi Michel Foucault. Hasil dari analisis narasi dengan menggunakan genealogi kekuasaan ini dapat diartikan bahwa dalam suatu kekuasaan tidak boleh egois memikirkan diri sendiri, kita harus memikirkan semua rakyat yang ada di dalam kekuasaan tersebut, seperti mental yang ada dalam perang tersebut, kita disuruh menggunakan mental dalam perang badar karena agar kita tidak memikirkan diri kita sendiri, bukan menggunakan mental perang dalam parang uhud yang hanya memikirkan kepentingannya sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rodliyah, Sitisitirodliyah.96@gmail.comE21215079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDM. Ag, Dr. H. KasnoUNSPECIFIED195912011986031006
UNSPECIFIEDM. Ag, Dr. H. MuktafiUNSPECIFIED196008131994031003
Subjects: Ideologi Politik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Siti Rodliyah
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:00
Last Modified: 03 Jan 2020 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38182

Actions (login required)

View Item View Item