Manusia paripurna dalam perspektif spiritualitas jawa: studi pemikiran Setyo Hajar Dewantoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasanofah, Indria (2019) Manusia paripurna dalam perspektif spiritualitas jawa: studi pemikiran Setyo Hajar Dewantoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indria Chasanofah_E07215009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang konsep manusia paripurna yang digagas oleh seorang ahli dalam bidang spiritualitas Jawa, yaitu Setyo Hajar Dewantoro. Adapun rumusan masalah yang akan dieksplorasi dan dielaborasi ialah (1) Bagaimana konsep manusia paripurna perspektif spiritualitas Jawa? (2) Bagaimana konsep manusia paripurna perspektif Setyo Hajar Dewantoro?. Dalam kertas kerja ini, metode yang digunakan adalah menyesuaikan dengan objek telaah yang dikaji. Oleh karena objek telaah yang dikaji dalam riset ini adalah manusia paripurna dalam pemikiran Setyo Hajar Dewantoro, maka data dan informasi yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan metode sejarah intelektual (intellectual history). Adapun langkah menggunakan metode sejarah intelektual adalah interprestasi, koherensi intern, holistika, kesinambungan historis, heuristika, deskripsi, dan refleksi penulis. Hasil riset ini menemukan bahwa: Pertama, manusia sempurna dalam spiritualitas Jawa adalah manusia yang telah mencapai derajat tertinggi, memiliki pengetahuan ketuhanan, dan selalu meyadari kehadiran-Nya di dalam hati. Kedua, manusia sempurna perspektif Setyo Hajar Dewantoro adalah manusia yang selalu terhubung dengan guru sejati yang berpusat pada telenging manah dengan disertai kesadaran absolut yang bisa membawa cahaya bagi kehidupan di dunia dan akhirat.

Kata Kunci: Manusia Paripurna, Spiritualitas Jawa, Setyo Hajar Dewantoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasanofah, Indriagendrokgampang@gmail.comE07215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED196209271992031005
UNSPECIFIEDTaranggono, EkoUNSPECIFIED195506061986031004
Subjects: Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Manusia Paripurna; Spiritualitas Jawa; Setyo Hajar Dewantoro.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Indria Chasanofah
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:36
Last Modified: 03 Jan 2020 06:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38174

Actions (login required)

View Item View Item