Tradisi nyantri lansia di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatillah, Faza Naila (2019) Tradisi nyantri lansia di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faza Naila Rohmatillah_A92216122.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi yang mengkaji tentang Tradisi Nyantri Lansia di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Adapun masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana profil Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang? 2) Bagaimana asal mula tradisi nyantri lansia yang ada di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang? Dan 3) Bagaimana perkembangan tradisi nyantri lansia yang ada di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang?.Untuk menulis skripsi ini, penulis menggunakan metode sejarah. Metode ini terdiri dari empat tahap penelituan yaitu heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber) dan historiografi (penulisan sejarah). Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosiologis. Pendekatan historis ini digunakan oleh penulis agar dapat menjelaskan tentang sejarah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Sedangkan pendekatan sosiologis digunakan untuk menjelaskan tentang tradisi nyantri lansia dan juga perkembangannya.Penelitian ini menggunakan teori rasionalitas yang merupakan sebuah konsep teoritik dari Max Weber.Dengan rumusan masalah yang ada serta dari penelusuran sumber-sumber primer dan sekunder yang dilakukan oleh penulis membuktikan bahwa: 1) Pondok pesantren ini didirikan pada tahun 1885 oleh KH. Tamim Irsyad. Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang pada mulanya dikenal dengan sebutan pondok Rejoso akan tetapi terjadi perubahan dari nama Rejoso ke Darul Ulum pada tahun 1933 oleh KH. Dahlan Kholil. 2) Tradisi ini ada karena keinginan dari individu dan sekelompok orang untuk belajar ilmu dzikir di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. 3) Perkembangan tradisi nyantri ini bisa dilihat dalam tiga hal yaitu dari santri, kegiatan serta sarana dan prasarananya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatillah, Faza Nailafazanaila123@gmail.comA92216122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDH, Ahmad ZuhdiUNSPECIFIED196110111991031001
Subjects: Aliran Kebatinan
Akhirat
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Pesantren, Nyantri, Lansia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Faza Naila Rohmatillah
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:25
Last Modified: 06 Jan 2020 04:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38168

Actions (login required)

View Item View Item