Kritik Fatimah Mernissi terhadap Abū Hurairah : studi analisis atas buku wanita di dalam Islam karya Fatimah Mernissi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Effendi, Merlianita Mahdalena (2019) Kritik Fatimah Mernissi terhadap Abū Hurairah : studi analisis atas buku wanita di dalam Islam karya Fatimah Mernissi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Merlianita Mahdalena Effendi_E95216036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata feminisme sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Feminisme juga sering menjadi bahan penelitian dalam suatu kajian. Dalam feminisme terdapat tokoh-tokoh yang memperjuangkannya seperti halnya Fatimah Mernissi. Fatimah Mernissi merupakan tokoh di Maroko yang selalu memperjuangkan paham feminisnya. Mernissi berasal dari Maroko yang mana pada masyarakatnya menganut kultur herm. Melalui kejadian ini, Mernissi tidak tinggal diam untuk mencoba menyelidikinya. Salah satu yang membuat Mernissi merasa kaget adalah ditemukannya hadis terputusnya sholat disebabkan karena melintasnya wanita, anjing dan keledai. Hadis ini Mernissi telusuri dan menemukan bahwa perowinya adalah Abū Hurairah dan dalam kitab Ṣohih milik Imam al-Bukhori. Diketahui bahwasannya pertama, Abū Hurairah meriwayatkan 5374 hadis dan dalam selang waktu empat tahun. Mernissi adalah salah seorang tokoh intelektual yang kontroversi. Dalam menelitian ini ada beberapa hal yang akan dibahas seperti contohnyakesalahan Mernissi dalam menilai Abū Hurairah sebagai pakar hadis yang kejantanannya diragukan karena tidak memiliki pekerjaan. Hal ini disebabkan bahwa Abū Hurairah sangat focus terhadap mencari hadis dari Rasulullah sehingga hal-hal mengenai duniawi dihiraukan. Abū Hurairah selalu mendatangi majlis yang Nabi buat sehingga para sahabat yang lain jika tidak menghadiri majlis tersebut bertanya mengenai ilmu yang telah dibicarakan di majlis tadi. Pemikiran Mernissi dipengaruhi oleh feminism yaitu cara pandang perempuan yang memperjuangkan persamaan hak serta menghentikan segala bentuk ketidak adilan dan diskriminasi terhadap perempuan. Maka Fatimah mernissi dengan sifat gegabahnya dalam meneliti Abū Hurairah membuatnya salah dan perlu mempelajari ilmu hadis lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Effendi, Merlianita MahdalenaMerlianita12@gmail.comE95216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, MuhidUNSPECIFIED196310021993031002
Thesis advisorFaruq, UmarUNSPECIFIED196207051993031003
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Wanita dalam Islam
Wanita
Keywords: Fatimah Mernissi; Abū Hurairah; kritik; Women and Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Merlianita Mahdalena effendi
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:29
Last Modified: 03 Jan 2020 02:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38164

Actions (login required)

View Item View Item