Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada masa Orde Baru : studi historis pemilu 1977 di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aqidah, Ruchil Farchandyta (2019) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada masa Orde Baru : studi historis pemilu 1977 di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ruchil Farchandyta Aqidah_A02216044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “PPP pada Masa Orde Baru (Studi Historis Pemilu 1977 di Indonesia) ini mengkaji permasalahan yang terfokus pada pertanyaan riset (1) Bagaimana sejarah terbentuknya PPP? (2) Bagaimana PPP pada masa Orde Baru? (3) Bagaimana elektabilitas PPP pada pemilu 1977? Skripsi ini menggunakan kajian pustaka dengan pendekatan sejarah Institusional. Adapun teori yang digunakan sebagai alat bantu dalam penelitian ini adalah teori ilmu sejarah politik Ibn Khaldun mengenai kekuasaan. Pada masa Orde Baru, pemerintahan Indonesia adalah absolut dan otoriter. Dalam hal demokrasi, penguasa tidak segan-segan mengeluarkan UU parpol demi kedudukannya tidak goyah dalam parlemen sehingga Golkar yang ditunggangi oleh Orde Baru dapat dikatakan menang secara beruntun sepanjang sejarah pemilu OrdeBaru. Namun, pada pemilu 1977, tepatnya secara lokal PPP mampu mengalahkan Golkar dengan unggul di DKI Jakarta dan Aceh. Kemudian bagaimana PPP sebagai parpol pada masa Orde Baru mengalami keruntuhan suara ditingkat nasional, sedangkan ditingkat lokal (DKI Jakarta dan Aceh) PPP unggul. Dari penelitian kajian pustaka yang telah diteliti, permasalahan yang dipaparkan memiliki jawaban sebagai berikut. PPP terbentuk dari hasil fusi partai politik Islam pada masa Orde Lama. Berdiri pada 5 Januari 1973. Dinamika PPP dalam kurun waktu berdirinya hingga pemilu 1977 direpotkan oleh sistem politik Orde Baru yang merugikan parpol yakni kebijakan depolitisasi. Meskipun ruang gerak parpol dibatasi dengan UU parpol, namun PPP unggul ditingkat lokal dalam pemilu 1977 salah satunya karena strategi pemenangan pemilunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aqidah, Ruchil Farchandytaaqidahruchil@gmail.comA02216044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Abdulabdulazizmedan@yahoo.com2003015501
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Partai Politik
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ruchil Farchandyta Aqidah
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:19
Last Modified: 03 Jan 2020 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38161

Actions (login required)

View Item View Item