PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL BAGI SISWA KELAS VI MADRASAH IBTDAIYAH MIFTAHUL ULUM KESAMBEN WETAN DRIYOREJO GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Khoirul (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL BAGI SISWA KELAS VI MADRASAH IBTDAIYAH MIFTAHUL ULUM KESAMBEN WETAN DRIYOREJO GRESIK. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (818kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan secara deskriptif untuk mengetahui peningkatan metode bermain kartu soal terhadap peningkatan kemampuan mengerjakan soal cerita pada pelajaran matematika kelas VI MI Miftahul Ulum, Kesamben Wetan, Driyorejo, Gresik tahun pelajaran 2014 / 2015.
Hipotesis pada penelitian ini adalah “Model pembelajaran dengan menggunakan kartu soal diduga dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI MI Miftahul Ulum, Kesamben Wetan, Driyorejo, Gresik tahun pelajaran 2014 / 2015 dalam mengerjakan soal cerita pada mata pelajaran matematika.”
Subjek yang diberi tindakan adalah siswa kelas VI MI Miftahul Ulum, Kesamben Wetan, Driyorejo, Gresik tahun pelajaran 2014 / 2015 yang berjumlah 38 peserta didik dan terbagi atas 6 kelompok. Bentuk tindakan yang diberikan adalah dengan menggunakan kartu soal yang digunakan untuk menuliskan soal cerita kemudian dibahas oleh siswa secara berkelompok selanjutnya dibahas secara bersama antara guru dan siswa.
Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita dilakukan tes uji coba yang dilaksanakan dua kali kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar matematika siswa kelas VI MI Miftahul Ulum, Kesamben Wetan, Driyorejo ada peningkatan, yakni dengan perolehan skor rata – rata sebelum diadakan tindakan sebesar 5,97 dan setelah diadakan tindakan menjadi 6,75 dengan demikian berarti ada peningkatan prestasi sebesar 0,78

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yahya Aziz
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Soal Cerita; Matematika; Metode Bermain Kartu Soal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:02
Last Modified: 22 Jan 2016 02:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3816

Actions (login required)

View Item View Item