Urgensitas Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas dalam Peningkatan Pengendalian Internal: studi Kasus Toko Jaya Makmur Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrulloh, Arifuddin (2019) Urgensitas Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas dalam Peningkatan Pengendalian Internal: studi Kasus Toko Jaya Makmur Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arifuddin Amrulloh_G02215002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab 1) pengimplementasian sistem informasi akuntansi penjualan dan sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada Toko Jaya Makmur Jombang dan, 2) meningkatkan sistem pengendalian internal yang ada dengan sistem informasi akuntansi penjualan dan sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada Toko Jaya Makmur Jombang. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini yaitu Toko Jaya Makmur Jombang. Metode pengumpulan data terdiri dari: wawancara, pengamatan atau observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis dominan dengan pembuatan deskripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: sistem pengendalian internal yang kurang baik, prosedur serta berkas yang digunakan tidak mendukung terjadinya pencatatan dan pencatatan masih dilakukan dengan cara manual pada kertas robekan, piutang tak tertagih karena human error. Pengimplementasian sistem informasi akuntansi menggunakan program aplikasi Zahir Accounting 6 Trial 30 hari. Pengimplementasian yang dilakukan diharap dapat membantu jalannya Toko Jaya Makmur dalam menyelesaikan masalah sistem pengendalian internal. Saran yang dapat disampaikan untuk Toko Jaya Makmur adalah terus melakukan monitoring sehingga SPI terus berjalan. Serta diharapkan untuk terus melanjutkan sistem baru yang telah peniliti implementasikan guna menghindari gangguan yang pernah dialami pada sistem lama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrulloh, Arifuddinarifuddin.amrullah@gmail.comG02215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id198403232014031002
Subjects: Akuntansi
Ekonomi
Jual Beli
Pedagang
Informasi
Keywords: urgensitas; sistem informasi akuntansi; penjualan; penerimaan kas.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Amrulloh Arifuddin
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:42
Last Modified: 06 Jan 2020 04:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38155

Actions (login required)

View Item View Item