Kedatanagn orang-orang Arab Hadramaut di Kawasan Ampel surabaya Utara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Jufri, Hamzah (2019) Kedatanagn orang-orang Arab Hadramaut di Kawasan Ampel surabaya Utara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hamzah Al Jufri_A02216014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Kedatangan Orang-orang Arab Hadramaut di Kawasan Ampel Surabaya Utara ini memfokuskan pembahasannya pada hal-hal berikut: 1. Bagaimana masuknya orang-orang Arab di Surabaya ?, 2. Apa pengaruh kedatangannya di Surabaya ?. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan historis yang bertujuan untuk melihat, merasakan, memahami dan mempelajari secara menyeluruh dari berbagai aspek fungsi dan perkembangannya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah heuristik (pengumpulan data), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran), dan historiografi. Dari metode tersebut bisa digunakan oleh peneliti untuk meninjau peristiwa di masa lampau maupun sekarang terdait dengan Kedatangan Orang-orang Arab Hadramaut di Kawasan Ampel Surabaya Utara sehingga bersama-sama kita dapat mengetahui apa saja sejarah perkembangannya hingga sekarang. Dalam kontribusinya orang-orang Arab Hadramaut tidak hanya berdakwa saja, akan tetapi pada hakikatnya mereka menjalar diberbagai aspek, baik ekonomi, budaya dan politik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1). pada abad ke-18 akhir mulai banyak berdatangan orang-orang Arab Hadramaut ke Suarabaya, pada bagian lain Surabaya juga menjadi pusat perdagangan semenjak van den Bosch memberlakukan tanam paksa pada tahun 1830 di Jawa, van den Bosch memperkenalkan sistem tanam paksa kepada masyarakat Jawa yang kemudian menjadi kewajiban untuk membayar pajak dari hasil kelompok tani. para petani dianjurkan untuk membudidayakan berbagai tanamannya seperti gula, teh, tembakau, lada, kayu manis, kopi, cengkeh dan rempah-rempah. Hal itu juga untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa. (2). Para pendatang Arab Hadramaut pada saat itu sudah memulai komunikasinya bersama penguasa Surabaya, kedatangannya pun juga membawa suasana baru seperti diberlakukannya syari’at Islam di kerajaan yang di kuasai oleh pangeran Cokronegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Jufri, Hamzahhamzahdjufry13@gmail.comA02216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Abdulabdulazizmedan@yahoo.com2003015501
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah
Keywords: Nusantara; Hadramaut; surabaya.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hamzah Al-Jufri
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:29
Last Modified: 16 Sep 2020 04:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38154

Actions (login required)

View Item View Item