Pluralisme dan Multikulturalisme:Studi Kasus tentang Pengelolaan Keragaman Agama di Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bari'i, M Khusyaen Al- (2019) Pluralisme dan Multikulturalisme:Studi Kasus tentang Pengelolaan Keragaman Agama di Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Khusyaen Al-Bari'i_E92215031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberagaman keyakinan atau agama mutlak ada di dalam kehidupan sosial masyarakat, dan itu merupakan sebuah takdir dan kehendak tuhan yang tidak bisa kita untuk menolak dan menghidari hal tersebut. Tentunya perbedaan tersebut akan terus memberikan perubahan dalam pola kehidupan sosial apalagi dengan berubahnya kondisi demografis akibat dari dampak kemajuan teknologi, ekonomi, pendidikan dan situasi politik. Tentunya jika tidak di kelola dengan baik akan menimbulkan gesekan-gesekan konflik yang bisa terjadi kapanpun, oleh karena itu dibutuhkan perhatian khusus dari pemerintah, khususnya pemerintah daerah sebagai pihak yang juga memiliki tanggung jawab dalam usaha-usaha menjaga dan mengelola keberagaman keyakinan atau agama tersebut, maka dari itu pemerintah dituntut untuk bisa mengambi kebijakan yang tepat dalam hal tersebut.Penelitian yang berjudul “Pluralisme dan Multikulturalisme Kajian Tentang Pengelolaan Keberagaman Agama di Kabupaten Gresik”. Membahas tentang bagaimana Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik dalam mengambil kebijakan-kebijakan ataupun mengatasi persoalan yang berkaitan dengan masalah keberagamaan, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pandangan pemerintah daerah dan juga stakeholder yang ada di Gresik terkait dengan persoalan keberagamaan, dan juga bagaimana selama ini pemerintah bersama masyarakat menjaga kehidupan beragama agar tetap damai. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode kualitatif dan melakukan observasi dan wawancara secara langsung dalam rangka mencari data terkait dengan hal tersebut.Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Gresik selama ini berusaha menjaga kehidupan keberagamaan dengan menggandeng beberapa instansi terkait, dan juga lebih mengedepankan musyawarah. Tentunya karena dalam persoalan pengelolaan sudah diatur dalam undang-undang maka pemerintah juga dalam mengambil kebijakan harus berpatokan pada landasan hukum tersebut. Meskipun masih ada beberapa persoalan terkait keagamaan yang belum terselesaikan Pemerintah Kabupaten Gresik sampai sekarang masih berusaha menyelesaikan. Selain terkait hal tersebut pemerintah juga melalui instansi terkait berusaha menanamkan sikap pluralisme dan multikulturalisme kepada masyarakat melalui sosialisasi dan dialog bersama, dan juga pemerintah berusaha membuat desa sadar kerukunan sebagai desa percontohan supaya bisa menjadi pembelajaran bagi desa-desa yang lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bari'i, M Khusyaen Al-arikrikimaru2604@gmail.comE92215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi@uinsby.ac.id196409181992031002
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id197708092009121001
Subjects: Pendidikan > Pluralisme
Keywords: Pengelolaan; Kerukunan; Keberagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Khusyaen Al Bari'i
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:13
Last Modified: 03 Jan 2020 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38152

Actions (login required)

View Item View Item