Sejarah perkembangan dan pengaruh batik Jetis dalam perekonomian masyarakat Desa Jetis Sidoarjo Tahun 2010-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solikha, Rokhimatus (2019) Sejarah perkembangan dan pengaruh batik Jetis dalam perekonomian masyarakat Desa Jetis Sidoarjo Tahun 2010-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rokhimatus solikha A92216148.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sejarah Perkembangan dan Pengaruh Batik Terhadap perekonomian Masyarakat Desa Jetis Sidoarjo Tahun 2010-2018”. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini meliputi, (1) Bagaimana Sejarah berdirinya Kampung Batik Jetis? (2) Bagaimana Perkembangan Batik Jetis Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh Batik Jetis terhadap perekonomian masyarakat Desa Jetis Sidoarjo? Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sejarah sosial-ekonomi, karena sejarah ekonomi mempunyai bahan garapan yang luas dan beraneka ragam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori sejarah ekonomi Ibnu Khaldun.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Batik Jetis Sidoarjo dari tahun ke tahun mengalami penurunan, hal ini dikarenakan anak muda di Desa Jetis Sidoarjo kurang berminat untuk meneruskan warisan keluarga mereka yaitu sebagai pengrajin batik. Kebanyakan dari mereka lebih memilih bekerja di pabrik ataupun di kantor karena penghasilan yang mereka peroleh pasti. (2) Batik Jetis Sidoarjo dikenal dengan batik tulis yang alami karena di daerah Jetis Sidoarjo tidak ada batik cap maupun batik printing (3) Anak muda di Desa Jetis Sidoarjo sebagian besar lebih memilih meninggalkan pekerjaan membatik, hal itu yang membuat perekonomian di Desa Jetis Sidoarjo menurun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solikha, Rokhimatusrokhimatussolikha@gmail.comA92216148
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKhodafi, Muhammadmkhod4fi@gmail.com2029117202
Subjects: Kebudayaan Jawa
Adat
Budaya
Uncontrolled Keywords: Batik; Sejarah Ekonomi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rokhimatus Solikha
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:40
Last Modified: 14 Feb 2020 08:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38151

Actions (login required)

View Item View Item