Tradisi Ziarah ke Makam Sunan Geseng di Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Ahsanansyah Kharisma (2019) Tradisi Ziarah ke Makam Sunan Geseng di Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahsanansyah Kharisma Ahmad_A92215026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tradisi Ziarah ke Makam Sunan Geseng di Kediri”. Fokus permasalahan dari skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Profil Kelurahan Kampung Dalem? (2) Bagaimana Tradisi Ziarah ke Makam Sunan Geseng di Kediri? (3) Bagaimana Makna Ziarah ke Makam Sunan Geseng di Kediri? Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian kebudayaan atau etnografi. Tahap penelitian etnografi ada empat, yaitu menetapkan informan, melakukan pengamatan dan wawancara, mengajukan pertanyaan deskriptif, dan membuat catatan etnografis. Untuk menganilisa masalah, maka digunakan pendekatan Antropologi dengan menggunakan teori dari Claude Levi Strauss, yaitu teori Strukturalisme. Dengan teori tersebut, akan diketahui bagaimana sebuah kebudayaan dapat diturunkan dan dapat membuat sebuah struktur yang menjaga kebudayaan tersebut. Struktur yang dimaksud adalah Majelis Dzikrurrohmah sebagai penerus kebudayaan yang diwariskan oleh Sunan Geseng. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan yaitu: (1) Kampung Dalem merupakan sebuah kelurahan di Kota Kediri yang terdapat makam Sunan Geseng di dalamnya. Kampung Dalem masuk sebagai sebuah kawasan kebudayaa jawa Mancanagari karena terletak di Kediri. (2) Terdapat berbagai macam tradisi dan kegiatan di Makam Sunan Geseng di Kediri, seperti kegiatan mingguan, bulanan, dan tahunan yang keseluruhan dilaksanakan di bawah naungan Majelis Dzikrurrohmah, kecuali ziarah yang dilakukan secara individu. (3) Makna dari ziarah ke Makam Sunan Geseng adalah untuk mengingat kematian, juga untuk mencari berkah karena Sunan Geseng merupakan sosok yang dianggap wali atau juga disebut kekasih Allah. Mendekati kekasih Allah juga memiliki artian mendekati Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Ahsanansyah Kharismaahsankahmad@gmail.comA92215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Kebudayaan
Ziarah Kubur
Tradisi Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ahsanansyah Kharisma Ahmad
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:43
Last Modified: 06 Jan 2020 04:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38147

Actions (login required)

View Item View Item