Ekotelogi dalam Alquran: relasi Antara Manusia dan Alam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahbub, Mohammad Dzaky Aziz (2019) Ekotelogi dalam Alquran: relasi Antara Manusia dan Alam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Mohammad Dzaky Aziz Mahbub_E93215074.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ekoteologi merupakan wajah dari teologi konstruktif yang membahas mengenai interelasi agama dan alam. Dasar pemahaman ekoteologi ini ialah kesadaran bahwa krisis lingkungan tidak semata-mata masalah yang bersifat sekuler, namun problem keagamaan yang akut, karena berawal dari pemahaman agama yang keliru tentang kehidupan dan lingkungan. Perumusan konsep ekoteologi dalam Alquran ini merupakan sebuah keniscayaan, bahwa ruh dari kandungannya sebagai pesan Islam yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap problematik lingkungan. Sekalipun Alquran memberikan sebuah peringatan kepada manusia agar tidak merusak alam. Berbagai term lingkungan dan prinsip yang ditawarkan oleh Alquran menunjukkan bentuk dari perhatian yang sangat serius. Dalam hal ini ada al-‘alamin (seluruh spesies), al-sama’ (jagad raya), al-ardh (bumi), al-bi’ah (lingkungan). Kemudian beberapa prinsip pendukung seperti memahami unsur dari relasi ketuhanan, manusia dan alam, yang dalam hal tersebut memiliki keterkaitan erat. Berdasarkan dalam penelitian ini, model penelitian yang digunakan ialah kepustakaan (library reasearch) yakni mengumpulkan data-data berupa buku-buku, jurnal, artikel dan lain sebagainya yang relevan dengan pemabahasan yang diteliti. Kemudian model penelitiannya kualitatif, yang dalam hal ini penyajiannya menggunakan teknik deskriptif-analitis. Di mana Alquran ini terdapat instrument-instrumen yang mengarah pada konseptual ekoteologi, yang meliputi kosmologi, peran manusia di muka bumi yang mendapat anugerah khalifah, memakmurkan lingkungan hidup, dan larangan untuk mengeksploitasinya. Hal ini sangat relevan, melihat kondisi alam yang saat ini semakin lama semakin mengkhawatirkan, dengan begitu banyaknya penampakan tambang ekstraktif, dan alih fungsi kawasan lindung, yang pada akhirya banyak menimbulkan bencana-bencana ekologis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahbub, Mohammad Dzaky Azizdzakyaziz95@gmail.comE93215074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKholid, Abdalidoktaf@gmail.com196502021996031003
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id197106141998032002
Subjects: Lingkungan Hidup
Al Qur'an
Teologi
Ekologi
Uncontrolled Keywords: Ekoteologi; Kerusakan Ekologis; Keadilan Ekologis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: M. Dzaky Aziz Mahbub
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:03
Last Modified: 03 Jan 2020 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38139

Actions (login required)

View Item View Item