Doa dan terapi Quantum Ikhlas: penguatan mental pasien di Rumah Sakit PKU Muhammdiyah Sekapuk Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatihin, Lailul (2019) Doa dan terapi Quantum Ikhlas: penguatan mental pasien di Rumah Sakit PKU Muhammdiyah Sekapuk Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailul Fatihin_E07215012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang doa yang berguna untuk penguatan mental pasien. Doa merupakan salah satu untuk penguatan mental bagi pasien selama dia menjalani sakit yang dideritanya. Fokus penelitian ini adalah, pertama, urgensi doa sebagai penguatan mental pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sekapuk. Kedua, praktek Doa dan Terapi Quantum Ikhlas di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sekapuk. Tujuan dalam penelitian ini mengingatkan pentingnya kegiatan bimbingan rohani serta doa bersama untuk kesembuhan pasien yang membuat pasien tidak merasakan kekhawatiran dan cemas atas sakit yang dialaminya dan agar doa untuk kesembuhanya dikabulkan oleh Allah. Manfaat aplikasi doa untuk pasien adalah pasien merasa lebih rileks, hatinya menjadi tenang, selalu ingin mendekatkan diri kepada Allah, dan bisa berinteraksi lagi dengan keluarga. Karena doa merupakan kunci dari ikhlas menerima penyakit yang diberi oleh Allah. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dekriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien yang ada di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sekapuk Gresik. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Erbe Sentanu dalam obyek kajian Quantum Ikhlas. Dalam kajian Quantum Ikhlas berusaha untuk menjadikan pasien yang lebih baik lagi dan mengajarkan pasien untuk mengenali dirinya ketika berdoa kepada Allah. Dalam Quantum Ikhlas pasien diajarkan untuk ikhlas menerima apapun yang akan terjadi dan yakin Allah akan memberi kesembuhan untuk penyakitnya. Setelah melakukan proses terapi, peneliti mendapatkan indicator pasca terapi, di antaranya adalah pasien mampu menghilangkan rasa cemas dan ketakutan yang berlebih sehingga mental pasien sudah kuat tidak mengganggu proses kesembuhanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatihin, Lailulnailulfatih20@gmail.comE07215012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKhodijah, KhodijahUNSPECIFIED196611101993032001
Thesis advisorGhozi, GhoziUNSPECIFIED197710192009011006
Subjects: Doa dan Zikir
Kesehatan
Kesehatan

Psikoterapi
Terapi
Uncontrolled Keywords: Penguatan Mental; Doa; Quantum Ikhlas; Rumah Sakit; Pasien.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Lalilul Fatihin
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:45
Last Modified: 03 Jan 2020 02:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38135

Actions (login required)

View Item View Item