Peran pemuda dalam kepemimpinan: telaah tematik dalam Al Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Himzi, Mochammad rofi'ul hamid (2019) Peran pemuda dalam kepemimpinan: telaah tematik dalam Al Quran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rofi'ul Hamid Himzi_B01216021.pdf

Download (972kB)

Abstract

Generasi muda merupakan pemimpin masa depan seperti ungkapan bahwa masa depan bangsa terletak pada gegaman generasi pemuda, yang artinya baik buruk suatu umat atau bangsa tergatung pada pemudanya.Yusuf Qardawi yang mengatakan “apa bila ingi nmelihat suatu negara di masa depan, maka lihatlah para pemudanya hari ini” ungkapan tersebut menjadi standarisasi dan barometer dalam pembinaan dan pendidikan generasi muda, untuk melanjutkan perjuangan dan menjadi pilar kebangkitan dengan kata lain generasi muda di tuntut untuk mendidik dirinya menjadi generasi muda yang memiliki jiwa kepemimpinan. Fenomena pemudamenjadi pemimpin adalah hal yang baru dalam beberapa dekade ini tetapi dalam sejarah islam pun banyak tentang beberapa tokoh pemuda yang pada masa muda nya menjadi pemimpin. Seperti halnya Rasulullah. Rasulullah di angkat menjadi Rasul tepat berumur 25 Tahun. Beliau diamanati bukan hanya satu wilayah atau dua wilayah tetapi seluruh dunia. Karena beliau adalah utusan Allah. Dari sejarah yang membuktikan bahwa pemuda layak menjadi pemimpin dalam usia muda nya maka peneliti dalam hal ini ingin membahas peran pemuda dalam menjadi pemimpin yang di hubungkan dengan AlQur;an (kalam Allah). Dimana Al Qur;an sebagai panduan umat manusia dalam segala hal tidak laku dan akhlak. Dalam hal ini penulis mengunakan metode tematik dimana mengumpulkan beberapa ayat tentang kepemimpinan yang akhirnya menghasilkan apa makna pemimpin dan bagian-bagian nya tersendiri. Banyak beberapa ayat al quran yang menyatakan tentang kepemimpinan dan makna pemimpin yakni khalifah, ulul amri, wali/auliya’ dan Imam. Menurut mufasir pun pemahaman ayat tentang pemimpin ada banyak dan banyak pula kriteria menjadi pemimpin yang salah satu nya adalah berwawasan tinggi. Jadi semisal seseorang itu menjadi pemimpin perusahaan maka seseorang tersebutlah harus menguasai ilmu tentang perusaahn tersebut. Dalam penelitian ini akhirnya menghasilkan konsep kepemimpinan dalam al qur;an yang menjadikan beberapa kriteria menjadi seorang pemimpin atau kriteria kepemimpinan seorang pemuda, mulai amanah dan adil bijaksana dll. Selain itu penelitian ini menghasilkan beberapa peran pemuda dalam sebuah kepemimpinan nya yang mmenjadikkan tangung jawab pemuda sebagai pemimpin yang di pandang dalam Al-quran

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Himzi, Mochammad rofi'ul hamidmuhammadhimzi20@gmail.comE93214097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMusyarrofa, MusyarrofaUNSPECIFIED197106141998032002
Thesis advisorBilla, MutamakkinUNSPECIFIED197709192009011007
Subjects: Pemuda Islam
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Pemuda; Kepemimpinan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mochammad Rofiul hamid himzi
Date Deposited: 03 Jan 2020 09:01
Last Modified: 03 Jan 2020 09:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38134

Actions (login required)

View Item View Item