Terapi bacaan ayat Alquran sebagai obat utama bagi orang yang sakit "Studi living quran di Jamiyyah ruqyah Aswaja cabang Sidoarjo"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuad, Syaiful (2019) Terapi bacaan ayat Alquran sebagai obat utama bagi orang yang sakit "Studi living quran di Jamiyyah ruqyah Aswaja cabang Sidoarjo". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SYAIFUL FUAD_E03213086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi Prodi Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Rumusan Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Penggunaan Bacaan ayat Alquran sebagai terapi yang utama bagi Orang yang sakit? 2) Bagaimana Reaksi Bacaan ayat Alquran dalam pengobatan di Jam’iyyah Ruqyah Aswaja Cabang Sidoarjo?Tujuan Penelitian ini dilakukan adalah Mempublikasikan pemahaman dan tata cara terapi menggunakan bacaan ayat Alquran terhadap masyarakat, sebagai terapi untuk diri sendiri maupun menerapi orang lain, serta mengenalkan kepada masyarakata bahwa Alquran adalah obat utama dan pertama yang diajarkan Nabi kita dikala kita sedang sakit, bukan sebagai solusi ke-dua dan alternatif setalah berobat ke Dokter dan Rumah Sakit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field ressearch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang artinya penelitian yang sistematis yang digunakan untuk mengkaji atau meneliti suatu objek pada latar alamiah tanpa adanya manipulasi data didalamnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di Jam’iyah Ruqyah Aswaja Cabang Sidoarjo adalah satu-satunya Jam’iyyah ruqyah yang dengan lantang menyerukan berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama’, bahkan pada tahun 2019 sudah diresmikan oleh PBNU Pusat Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA sebagai sayap kanan nya dibidang dakwah NU. Mempunyai visi dan misi ‘’Terlaksananya Dakwah Al Qur’an Bir Ruqyah yang Rahmatan lil ‘Alamin’’ dengan mensyiarkan agama islam dalam bidang pengobatan melalui kegiatan terapi Alquran atau Ruqyah mandiri dan massal dengan metode yang sudah diajarkan serta mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat tentang kebijakan dalam bidang keagamaan, pendidikan, perekonomian, dan sosial ditengah-tengah kehidupan masyarakat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Serta menjadikan Alquran sebagai terapi pertama dan utama bagi mahkluk yang sakit, apapun sakitnya Alquran solusinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuad, Syaifulsyaif.fuad@yahoo.comE03213086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyaroffah, MusyaroffahUNSPECIFIED196207051993031003
Thesis advisorUmar, Atho'illahUNSPECIFIED197909142009011005
Subjects: Doa dan Zikir
Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Al Qur'an
Keywords: Alquran sebagai Obat Utama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fuad Syaiful
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:09
Last Modified: 03 Jan 2020 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38130

Actions (login required)

View Item View Item