Implementasi Directing pada program Tahfidhul Qur’an di Pondok Pesantren Mamba’ul ‘Ulum Panjunan Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alindra, Bagus (2019) Implementasi Directing pada program Tahfidhul Qur’an di Pondok Pesantren Mamba’ul ‘Ulum Panjunan Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bagus Malik Alindra_B94216071.pdf

Download (903kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua permasalahan, yaitu: penerapan proses directing dan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang ada dalam proses directing tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Grounded Theory. Serta, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memiliki temuan, bahwa proses directing memiliki beberapa cara yang biasa dilakukan oleh para pengurus di Pondok Pesantren Mamba’ul ‘Ulum, antara lain: directing pengasuh kepada kepala dan guru, memahami kondisi, memberi contoh, memberi arahan yang jelas, melakukannya dengan strategi, menyesuaikan dengan rencana, mematuhi regulasi yang ada, memberi motivasi, mengarahkan kepada tujuan yang akan dicapai dan memberi sanksi. Lalu, beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat yang ditemui dalam proses tersebut menjadi temuan yang tidak bisa dipisahkan dari proses directing. Saran atau rekomendasi yang bisa diberikan dari penelitian ini adalah agar Pondok Pesantren Mamba’ul ‘Ulum mampu memberikan arahan atau proses directing yang lebih baik dalam program Tahfidhul Qur’an. Dan juga, semoga skripsi ini dapat membantu dalam memberikan pertimbangan-pertimbangan yang mungkin nanti bisa diimplementasikan di Pondok Pesantren Mamba’ul ‘Ulum tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alindra, Bagusbagushazard845@gmail.comB94216071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorArifin, AliUNSPECIFIED196212141993031002
Subjects: Manajemen Dakwah
Pesantren
Uncontrolled Keywords: Directing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Bagus Alindra
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:41
Last Modified: 03 Jan 2020 07:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38125

Actions (login required)

View Item View Item