Sejarah struktur dan arsitektur Masjid Jami' "Sunan Dalem" Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik Tahun (1500-2000)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andriani, Novi Dwi (2019) Sejarah struktur dan arsitektur Masjid Jami' "Sunan Dalem" Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik Tahun (1500-2000). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Dwi Andriani-A92216144.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “ Sejarah Struktur Dan Arsitektur Masjid Jami’ “Sunan Dalem” Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik Tahun 1500-2000” rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaiman Kondisi Geografi Dan Demografi Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. 2) Bagaimana Gaya Arsitektur Masjid Jami’ Sunan Dalem Masa Kini. 3) Bagaimana Sejarah Perkembangan Masjid Jami’ Sunan Dalem Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Skripsi ini, ditulis dengan menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: heuristik (pengumpulan data), verifikasi (mengkritik data), interpretasi (penafsiran data) dan historiografi (penulisan sejarah). Penulisan ini menggunakan pendekatan historis dan Antropologi. Historis untuk melihat sejarah Berdirinya masjid dari berbagai perubahan arsitekturnya yang terjadi didalamnya dari tahun ke tahun dengan melihat urutan waktu atau peristiwa secara kronologis dan antropologi yang mana sangat relavan karena antropologi rasa Ingin tau yang tiada henti-hentinya tentang manusia dalam sitem kebudayanya yaitu sebagai pewaris suatu sistem yang kompleks yang terdiri dari adat-adat, sikap dan perilaku. Penulisan ini juga menggunakan teori Struktural dari Jean Peaget dan Ibnu Khaldun tentang perkembangan Sejarah (Ashabiyah). Dari hasil penelitian, dapat disismpulkan bahwa: Bahwa Desa Gumeno terletak di Pesisir, Arsitektur Masjid Jami’ Sunan Dalem Masa Kini mengikuti gaya arsitektur tradisional dan perkembangan mempunyai 4 periode yaitu tahap awal pendirian, tahap kedua perubahan soko guru, tahap ketiga pemugaran elemen bahan bangunan tahap ke empat penambahan hiasan Masjid Gumeno.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andriani, Novi Dwinovidwiandriani22@gmail.comA92216144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Arsitektur
Masjid
Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Arsitektur Masjid Jami'; arsitektur Islam; Sunan Dalem
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Novi Dwi Andriani
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:48
Last Modified: 03 Jan 2020 06:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38124

Actions (login required)

View Item View Item