Peralihan kekuasaan islam secara damai dari Hasan bin Ali kepada Muawiyah bin Abi Sufyan tahun 661 M/41 H

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ekaviana, Noer Adektya (2019) Peralihan kekuasaan islam secara damai dari Hasan bin Ali kepada Muawiyah bin Abi Sufyan tahun 661 M/41 H. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Noer Adektya Ekaviana_A92216143.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun skripsi ini yang berjudul “Peralihan Kekuasaan Islam Secara Damai Dari Hasan Bin Ali Kepada Muawiyah Bin Abi Sufyan Tahun 661 M/41 H” mengkaji tentang penyebab, proses, dan dampak yang ditimbulkan dari adanya peralihan kekuasaan islam dari Hasan kepada Muawiyah. Adapun fokus permasalahan dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana biografi Muawiyah bin Abi Sufyan dan biografi Hasan bin Ali?, (2) Bagaimana proses peralihan kekuasaan Islam dari Hasan bin Ali kepada Muawiyah bin Abi Sufyan?, (3) Apa konsekuensi yang ditimbulkan dari adanya peralihan kekuasaan Islam dari Hasan bin Ali kepada Muawiyah bin Abi Sufyan? Pada penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan politik. Pendekatan historis digunakan untuk menjelaskan peristiwa masa lampau secara kronologis dan sistematis. sedangkan pendekatan politik digunakan untuk menganalisis peristiwa yang terjadi dengan analisa politik yang meliputi peralihan kekuasaan, jenis kepemimpinan, hirarki sosial, dan lain-lain. Selain itu pada penelitian ini juga menggunakan teori kekuasaan dari Max Weber. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini bahwa peristiwa peralihan kekuasaan Islam, melibatkan dua tokoh penting yakni Muawiyah dan Hasan. Kedua tokoh ini sama-sama pernah dekat dengan Nabi Muhammad. Adanya peralihan kekuasaan Islam dari Hasan kepada Muawiyah disebabkan oleh beberapa faktor. Selain itu terdapat persyaratan-persayaratan yang harus dipenuhi dalam proses peralihan kekuasaan islam dari Hasan kepada Muawiyah. Adanya proses peralihan kekuasaan islam dari Hasan kepada Muawiyah juga memberikan konsekuensi terhadap kehidupan umat islam baik dalam bidang politik atau bidang keagamaan (teologis).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ekaviana, Noer Adektyanellaadek@gmail.comA92216143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, M.UNSPECIFIED195907171987031001
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Politik > Politik Islam
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Peralihan; Muawiyah; Hasan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Noer Adektya Ekaviana
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:46
Last Modified: 03 Jan 2020 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38122

Actions (login required)

View Item View Item