Budidaya Belut sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Kebonagung Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husin, Muhammad (2019) Budidaya Belut sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Kebonagung Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Husin_B52215034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini merupakan usaha untuk membangun kesadaran masyarakat yang diawali dengan pengenalan tata ruang wilayah melalui langkah pemetaan mengenai isu tentang kewirausahaan untuk mensejahterahkan ekonomi masyarakat. Dalam membangun kesadaran , penulis menggunakan beberapa strategi yaitu mengadakan program budidaya belut. Tujuan yang akan dicapai adalah agar masyarakat semakin paham bahwa banyak kekayaaan di desa meraka yang bisa menjadikan kehidupan lebih baik. Lokasi penelitian dalam skripsi ini berada di Desa Kebonagung, dalam prosesnya, peneliti mengaplikasikan metode Aset Based Community Development (ABCD) dengan melibatkan stakeholder yang dianggap berperan penting dan mau diajak mengkaji dalam setiap masalah. Hal ini dilakukan untuk membuka kesadaran masyarakat akan pentingnya memahami pengeloaan program budidaya belut agar meningkatnya perekenomian masyarakat desa. Melalui proses penelitian dan pendampingan yang sudah dilakukan selama 5 bulan di Desa Kebonagung menghasilkan: (1) meningkatnya perekonomian masyarakat Desa Kebonagung (2) terbentukkan kelompok pengeloaan program budidaya belut di Desa Kebonagung (3) optimalnya pemanfaatan aset desa untuk menunjang perekonomian masyarakat desa melalui program budidaya belut. Hasil aset tersebut hanyalah langkah kecil untuk membuat perubahan yang lebih baik. Peneliti merasa masih jauh dari kata kesempurnaan dalam mengungkap teori dan menerapkan metode. Oleh karena itu peneliti masih membutuhkan kritikan yang membangun dari para pembaca skripsi ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husin, Muhammadhusiinnasution17@gmail.comB52215034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHaris, Achmad MurtafiUNSPECIFIED197003042007011056
Subjects: Ikan > Perikanan Tambak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Husin
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:07
Last Modified: 07 Jan 2020 04:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38101

Actions (login required)

View Item View Item