Sejarah pemikiran Wahbah al Zuhayli: moderasi dalam hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irsali, Anfasa Naufal Reza (2019) Sejarah pemikiran Wahbah al Zuhayli: moderasi dalam hukum Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anfasa Naufal Reza Irsali_A92216062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Sejarah Pemikiran Wahbah al-Zuhayli: Moderasi dalam Hukum Islam” yang bertujuan untuk mengkaji beberapa permasalahan 1) riwayat hidup dan perjalanan karier Wahbah al-Zuhayli dalam bidang hukum Islam 2) pemikiran Wahbah al-Zuhayli tentang moderasi dalam hukum Islam 3) pengaruh pemikiran Wahbah al-Zuhayli tentang moderasi dalam hukum Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sejarah pemikiran. Pendekatan historis digunakan untuk menjelaskan riwayat hidup Wahbah al-Zuhayli baik menyangkut kepribadian, pendidikan, karier dan pemikirannya. Sedangkan, pendekatan sejarah pemikiran digunakan untuk menjelaskan genesis pemikiran, konteks pemikiran, dan hubungannya dengan masyarakat. Adapun teori yang digunakan adalah teori tahapan pemikiran Ibn Khaldun dan teori arkeologi pengetahuan Michel Foucault. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang memiliki beberapa tahapan, antara lain heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Wahbah al-Zuhayli adalah seorang cendikiawan terkemuka dalam hukum Islam yang merupakan anak dari Musthafa al-Zuhayli dan Fathimah binti Musthafa Sa’dah. Ia lahir di Dir Athiyyah, Damaskus, Suriah pada tanggal 6 Maret 1932 M. Ia dianggap ahli dalam hukum Islam internasional dan menjadi ketua jurusan Hukum Islam di Fakultas Syariah Universitas Damaskus. 2) Wahbah al-Zuhayli terkenal dengan pemikirannya yang moderat yang menekankan adanya moderasi dalam hukum Islam yang dapat dilihat melalui beberapa indikator, antara lain adanya fleksibilitas dalam hukum Islam, adanya pembaruan atau ijtihad dalam hukum Islam, dan tidak fanatik terhadap suatu mazhab atau pendapat dalam hukum Islam 3) Pemikiran Wahbah al-Zuhayli yang moderat khususnya dalam hukum Islam mempunyai pengaruh yang besar di Indonesia. Beberapa karyanya banyak dijadikan sebagai rujukan dalam membahas permasalahan tentang hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irsali, Anfasa Naufal Rezaanfasanaufal79@gmail.comA92216062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Subjects: Pemikiran
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Wahbah al-Zuhayli; moderasi Islam; moderasi dalam hukum Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Anfasa Naufal Reza Irsali
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:37
Last Modified: 03 Jan 2020 07:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38090

Actions (login required)

View Item View Item