Kritik Semiotika Etnonasionalis-Ekofasis dalam Manifesto Brenton Tarrant: Analisis kasus Pembantaian Muslim di Christchurch, New Zealand

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Misbah, Akhmad (2019) Kritik Semiotika Etnonasionalis-Ekofasis dalam Manifesto Brenton Tarrant: Analisis kasus Pembantaian Muslim di Christchurch, New Zealand. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Misbah_E91215044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang isi manifesto Brenton Tarrant secara khusus tentang bagaimana Etno-Nasionalis dan Ekofasis yang kemudian dikomparasikan dengan definisi atau pengertian Etno-Nasionalis dan Ekofasis secara umum atau objektif yang kemudian hasil analisis peneliti kaji untuk mengkritik temuan diantara keduanya berdasarkan data saintifik yang peneliti temukan. Dalam analisis ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif interpretatif. Penelitian ini menggunakan metode semiotika dari pemikiran Ferdinand de Saussure. Saussure meletakkan tanda dalam konteks komunikasi manusia dengan melakukan pemilahan antara apa yang disebut signifier (penanda) dan signified (petanda). Semiotika Saussure merupakan hubungan antara penanda dan petanda berdasarkan konvensi-konvensi, yang umumnya disebut dengan signifikasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif interpretatif. Dalam analisis ini peneliti membuat interpretasi dari beberapa teks yang secara langsung berkaitan kemudian dianalisis menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure. Dari penelitian ini ditemukan bahwa Etno-Nasionalisme yang diakui Brenton Tarrant sebagai landasan berpikir secara objektif ditemukan kesesuaian, kemudian Ekofasisme yang terdapat dalam manifesto Brenton Tarrant sebagai landasan atas tujuannya terdapat pergeseran bahwa secara umum yang dapat dipahami Ekofasisme cenderung ditujukan untuk sindiran atau penyebutan suatu tindakan dan bukan suatu term atau ideologi yang umumnya dapat diakui dengan tindakan tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Misbah, Akhmaddanielcliq@gmail.comE91215044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorWarsito, Loekisno Chairilluckys.no@gmail.com2027036302
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Filsafat
Teroris
Uncontrolled Keywords: Etno-Nasionalis; Ekofasis; Semiotika; Ferdinand de Saussure
Depositing User: Akhmad Misbah
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:14
Last Modified: 03 Jan 2020 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38078

Actions (login required)

View Item View Item