Deklarasi Simbolis Nissa Sabyan dalam Kampanye Pilpres Tahun 2019: Analisis Kekuasaan Simbolis Perspektif Pierre Bourdieu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robiatul, Adawiyah (2019) Deklarasi Simbolis Nissa Sabyan dalam Kampanye Pilpres Tahun 2019: Analisis Kekuasaan Simbolis Perspektif Pierre Bourdieu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robiatul Adawiyah_E21215086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengarah pada penelitian kepustakaan (library research). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan induktif. Penelitian ini menggunakan perspektif teori kekuasaan simbolis Pierre Bourdieu. Rangkaian dari teori yang peneliti paparkan mengenai kekuasaan simbolis, dominasi simbolis dan doxa. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya unsur yang memberikan suatu opini populer yang umum yang di dapat dari sebuah gambar atau foto. Kekuasaan simbolis bukanlah bentuk dominasi yang diterapkan melalui komunikasi tetapi penerapan kuasa atau dominasi melalui komunikasi yang tidak diakui, namun kelihatan diakui sebagai yang sah atau legitimate. Adanya bukti berupa foto atau gambar kebersamaan Nissa Sabyan dengan pasangan calon nomor urut 02 di media sosial melalui akun resmi instagram Nissa dan Sandiaga Uno telah mendapat respon dari banyak pihak, yang menganggap bahwa Nissa Sabyan berada pada kubu paslon nomor urut 02. Berdasarkan dari hasil penelitian, deklarasi simbolis Nissa Sabyan telah terbukti dengan adanya foto atau gambar kebersamaan dengan paslon nomor urut 02. Sehingga hasil dari analisis penelitian ini menghasilkan temuan bahwa adanya bentuk sebuah gambar atau foto merupakan bentuk simbolis yang menyatakan ada unsur politis yang dimasukkan dalam penampilan Nissa Sabyan di panggung. Dikarenakan tidak ada bukti secara tekstual bahwa Nissa Sabyan berada pada kubu 02 sehingga bukti secara simbolis berupa foto dan gambar menjadi isu dan perdebatan oleh banyak pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robiatul, Adawiyahrobi4tulku@gmail.comE21215086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com196303271993031004
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED196209271992031005
Subjects: Media Massa
Partai Politik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:28
Last Modified: 03 Jan 2020 06:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38074

Actions (login required)

View Item View Item