Perwujudan Good Governance Dalam Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya Mengenai Kehidupan Layak Bagi Fakir Miskin dan Terlantar Studi Kasus : Program Permakanan di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmaniah, Fariza Habiba Fitri (2019) Perwujudan Good Governance Dalam Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya Mengenai Kehidupan Layak Bagi Fakir Miskin dan Terlantar Studi Kasus : Program Permakanan di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
FARIZA HABIBA E74213134 FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam bentuk Program Permakanan. Program permakanan Kota Surabaya adalah satu-satunya program permakanan yang ada di Indonesia, dan menjadi program percontohan bagi kota-kota lainnya. Kebijakan ini lahir atas dasar fenomena di lapangan yang ditemukan langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini pada saat kunjungan kerjanya. Dalam pelaksanaannya, program permakanan yang populis ini memberikan desain baru dalam kebijakan publik khususnya di kota Surabaya yang mengedepankan aspek kemanusiaan, jaminan sosial, harkat dan hajat hidup warga kota surabaya khususnya bagi mereka yang berada digaris kemiskinan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dimana metode pengumpulan datanya penulis melakukan observasi lapangan, interview pada narasumber yang kompeten dan memiliki relevansi terhadap topik dalam penelitian ini, Penulis menggunakan Teori dan Konsep Good governance untuk mengklasifikasikan nilai-nilai yang ada dalam kebijakan program permakanan, serta menggunakan teori implementasi Riant Nugroho untuk melihat korelatif pelaksanaan program di lapangan dengan prinsip Good Governance. Berdasarkan hasil data informasi, identifikasi lapangan, dan analisis teori, penulis mendapati bahwa kebijakan permakanan ini telah memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai yang mencerminkan prinsip Good Governance didalamnya, diantaranya yang paling menonjol adalah efektifitas dan efisiensi program yang tepat sasaran dan menggunkan metode swakelola dan swadaya dimana program ini lebih efisien dalam pelaksanaannya dengan poin plus adanya pemberdayaan kelompok organisasi masyarakat kemudian dari segi transparasi, program ini membuka selebar-lebarnya informasi yang memang bersifat publik untuk memudahkan masyarakat mendapat informasi tentang program permakanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmaniah, Fariza Habiba Fitrihabibafariza@ymail.comE74213134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYahya, KhoirulK.yahya@uinsby.co.id197202062007101003
Subjects: Kebijakan Publik
Keywords: Program Permakanan Kota Surabaya, Kebijakan Publik, Good Governance
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: FARIZA HABIBA FITRI RAHMANIAH
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:28
Last Modified: 03 Jan 2020 08:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38068

Actions (login required)

View Item View Item