PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DENGAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS II MI SYUHADA’ BANJARAGUNG KECAMATAN PURI KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiatun, Islamiatun (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DENGAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS II MI SYUHADA’ BANJARAGUNG KECAMATAN PURI KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas II MI Syuhada’ Banjaragung Kec. Puri Kab. Mojokerto, diketahui bahwa guru dalam menyampaikan materi pembelajaran cenderung klasikal dengan metode ceramah yang dikombinasikan dengan pemberian tugas pada siswa untuk menyelesaikan soal-soal pertanyaan kurang lebih 30 menit. Dalam observasi penulis temukan bahwa ketuntasan belajar yang diperoleh siswa kelas II MI Syuhada’ Banjaragung Kec. Puri Kab. Mojokertosebesar 25 % yaitu sebanyak 8 siswa tuntas sedangkan 24 siswa tidak tuntas. Dengan jumlah siswa secara keseluruhan di kelas IVMI Syuhada’ Banjaragung Kec. Puri Kab. Mojokerto sebanyak 32 siswa. KKM mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas II adalah70.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa kativitas belajar siswa dan nilai hail belajar siswa. Aktivitas belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata presentase aktivitas belajar siswa dan taraf keberhasilan siswa, sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan nilai hasil tes yang dilaksanakan pada akhir siklus. Isntrumen yang digunakan yaitu soal tes dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Haditsyaitu pada perubahan wujud benda dengan pembelajaran berbasis inkuirimemberi dampak positif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari jumlah siswa 32 KKM mata pelajaran Al-Qur’an Haditsadalah70, terjadi peningkatan dari pra siklus ke siklus I, siklus II dan siklus III. Pada pra siklus yang memenuhi KKM sebanyak 8 siswa (25 %) dan yang belum memenuhi KKM 24 siswa. Pada siklus I yang memenuhi KKM sebanyak14 siswa ( 43,75 %) dan yang belum memenuhi KKM 18 siswa. Pada siklus II yang memenuhi KKM sebanyak 23 siswa ( 71,88 %) dan yang belum memenuhi KKM 9 siswa. Pada siklus III yang memenuhi KKM sebanyak 30 siswa ( 93,75 %) dan yang belum memenuhi KKM 2 siswa. Sedangkan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata adalah 65,16, siklus II nilai rata-ratanya adalah 78,28, dan siklus III nilai rata-ratanya mencapai 85,78. Serta dapat pula meningkatkan aktivitas belajar siswa pada siklus I persentase keberhasilan tindakan sebesar 43,75 % ( kurang), siklus II meningkat menjadi 71,88% ( cukup), dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 93,75% (baik)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Nuril Huda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiatun, IslamiatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; Metode Demontrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 00:45
Last Modified: 22 Jan 2016 00:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3806

Actions (login required)

View Item View Item