الإضافة ومعانيها في كتاب سلم التوفيق للشّيخ عبد الله بن حسين الهاشمي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, nurul (2019) الإضافة ومعانيها في كتاب سلم التوفيق للشّيخ عبد الله بن حسين الهاشمي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Istiqomah_A01213080.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kitab sulam at-taufiq adalah salah satu kitab yang didalamnya menjelaskan tentang Fiqih, Aqidah dan juga Akhlak. Banyak dari kalangan pondok pesantren atau kalangan awam yang mengkaji kitab tersebut. Karena ini adalah salah satu kitab Fiqih yang paling dasar. Keseluruhan kitab tersebut menggunakan bahasa arab. Sehingga peneliti memilih kitab ini sebagai bahan penelitiannya, karena didalamnya banyak sekali kalimat kalimat yang mengandung idhofah. Idhofah dalam ilmu Nahwu adalah gabungan diantara dua kalimat isim yang dijadikan satu dengan mengira – ngirakan huruf jar, min, fid dan lam. Dalam skripsi ini peneliti membahas tentang “IDHOFAH DAN MAKNANYA DALAM KITAB SULAM TAUFIQ”. Idhofah sendiri dibagi menjadi dua :
1) Idofah Maknawiyah adalah idhofah yang mudhofnya bukan berupa isim sifat dan mudhof ilaih nya bukan termasuk dari isim sifat tersebut (رسول الله)
2) Idhofah lafdhiyah adalah idhofah yang mudhofnya berupa isim sifat dan mudhof ilaihnya berupa makmul dari isim sifat tersebut contoh ((ضارب الرّجل
Sedangkan dari segi artinya idhofah terbagi menjadi empat : lamiyyah, dzarfiyyah bayaniyyah dan tasybihiyyah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena dalam penelitian ini diperoleh atau diukur menggunakan prosedur – prosedur statistic. Kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian Ilmu Nahwu.Dalam kitab Sulam At-taufiq peneliti menemukan data yang termasuk kalimat idhofah sebanyak 148. 106 data termasuk idhofah maknawiyyah yang bermakna lammiyyah , yang termasuk idhofah maknawiyyah yang bermakna bayaniyyah 33 data, dan yang termasuk idhofah maknawiyyah yang bermakna dzarfiyyah 9 data, akan tetapi peneliti tidak menemukan data yang bermakna tasybihiyyah. Peneliti juga menemukan 6 data yang termasuk idhofah lafdhiyyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, nurulnisti5957@gmail.comA01213080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMufid, NurUNSPECIFIED196406201991031002
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: idofah; sulam at-taufiq; jenisi dhofah dan makna idhofah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nurul istiqomah
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:22
Last Modified: 03 Jan 2020 04:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38044

Actions (login required)

View Item View Item