الكلام الإنشائي الطلبي و معانيه في سورة التوبة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmasari, Putri Septiani (2019) الكلام الإنشائي الطلبي و معانيه في سورة التوبة. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Septiani Rahmasari_A91216146.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam ilmu baalghah, kalam insya’i adalah kalimat yang tidak mengandung kemungkinan benar dan salah. Kalam Insya’i terbagi memjadi dua, kalam insya’i thalabi dan kalam insya’i ghoiru thalabi. Kalam isya’i thalabi adalah kalimat yang mengandung tuntutan atau permintaan kepada mukhatab (orang kedua yang diajak bicara). Sedangkan kalam insya’i ghoiru thalabi adalah kalimat yang tidak mengandung tuntutan atau pemintaan kepada mukhatab (orang kedua yang diajak bicara). Kalam insya’ thalabi memiliki lima jenis, al-amr (perintah), an-nahy ( larangan), al-istifham (pertanyaan), an-nida’ (seruan), dan at-tamanny (pengandaian). Adapun secara makna, kalam insya’i thalabi memiliki makna hakiki dan makna majasi. Dari makna inilah, kita bisa memahmi maksud atau makna dari apa yng dikatakan oleh seseorang. Adapun fokus permasalahan dari penelitian ini adalah: (a) apa jenis-jenis kalam insya’i thalabi dalam surah At-Taubah, (b) Apa makna kalam insya’i thalabi dalam surah At-Taubah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan dengan teknik analisis dokumen yang ada , yakni mushaf Al-Quran surah At-Taubah. Penggunaan teknik tersebut bertjuan untuk menemukan ayat-ayat yang mngandung kalam insya’i thalabi di dalamnya. Setelah dilakukannya analisis dokumen, ditemukan 45 ayat dalam surah At-Taubah yang mengandung unsur kalam insy’i thalabi dengan jenis yang berbeda-beda. Enam belas ayat al-amr (perintah), sepuluh ayat an-nahy ( larangan), delapan ayat al-istifham (pertanyaan), dua ayat an-nida’ (seruan), dua dan at-tamanny (pengandaian).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmasari, Putri Septianiputrisepti53@gmail.comA91216146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha--2012075901
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Kalam Insya'i Thalabi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Putri Septiani Rahmasari
Date Deposited: 02 Jan 2020 05:00
Last Modified: 10 Dec 2021 10:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38015

Actions (login required)

View Item View Item