Makna Sesajen Dalam Ritual Megengan di Desa Panggungduwet Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Eka Lestari, Dyah Rahayu (2019) Makna Sesajen Dalam Ritual Megengan di Desa Panggungduwet Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyah Rahayu Eka Lestari_E92215026.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Makna Sesajen Dalam Tradisi Megengan Di Desa Panggungduwet”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan masyarakat Desa Panggungduwet terhadap adanya penggunaan sesajen yang disediakan dalam ritual Megengan di desa tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersaifat deskriptif yang berupa penelitian lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang spesifik mengenai prosesi yang dilakukan dalamn penyediaan sesajen dan megengan di desa Panggungduwet. Dalam penelitian ini penulis membahas tentang proses ritual Megengan yang melibatkan keberadaan sesajen di Desa Panggungduwet Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar dan memaknai sesajen dalam ritual Megengan. Tradisi Megengan merupakan suatu tradisi masyarakat muslim jawa dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhanyang berbau budaya dan agama. Dalam prosesi Megengan ini terdapat penyediaan sesajen yang ditujukan untuk menghormati para leluhur yang telah mendahului. Sesajen disediakan sebelum prosesi Megengan dilakukan. Kemudian akan dilakukan pembacaan doa terhadap sesajen dengan menyebutkan lafal islami. Selain itu doa juga ditujukan untuk para leluhur. Masyarakat setempat memaknai sesajen ini sebagai bentuk sedekah untuk leluhur yang telah mendahului. Adanya proses pembakaran kemenyan dalam penyediaan sesajen dianggap sebagai ajaran islam yang mana umat muslim dianjurkan untuk menghias atau menggunakan wewangian dalam peribadatan. Selametan hanya mengundang tetangga-tetangga terdekat untuk menghadiri do’a bersama secara singkat yang dipimpin oleh tokoh agama setempat di masing-masing rumah. Megengan mengandungnilai-nilaishadaqahdanjuganilaibudaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Eka Lestari, Dyah Rahayuedyahrahayu@gmail.comE92215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi@uinsby.ac.id196409181992031002
Thesis advisorAkhmad, Siddiqa.siddiq@uinsby.ac.id197708092009121001
Subjects: Agama
Budaya - Agama
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: dyah rahayu eka lestari
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:40
Last Modified: 02 Jan 2020 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38005

Actions (login required)

View Item View Item