Resepsi masyarakat pada Alquran sebagai Shifa' bagi kesembuhan pasien: studi Living Quran di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetya, Anggia Nahla (2019) Resepsi masyarakat pada Alquran sebagai Shifa' bagi kesembuhan pasien: studi Living Quran di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggia Nahla Prasetya_E93216056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian living quran yang meneliti resepsi masyarakat pada alquran sebagai shifa’ bagi kesembuhan pasien. Rumah Sakit Islam Jemursari merupakan suatu rumah sakit di kota Surabaya yang memiliki basis ke-Islaman, adanya label Islami ini menjadikan penggunaan Alquran sebagai media penyembuhan dapat dengan mudah ditemukan di dalamnya. Ada dua hal yang menjadi tujuan dari penelitian ini, yaitu: menggambarkan bagaimana penggunaan Alquran sebagai media penyembuh bagi pasien di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya serta mendeskripsikan bagaimana resepsi masyarakat pada Alquran sebagai media shifa’ bagi kesembuhan pasien. Adapun jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam proses pengumpulan data. Makna terkait penggunaan Alquran yang ditemukan melalui proses ini merupakan bagian data primer dalam penelitian ini, adapun sumber data sekundernnya adalah data pasien dan referensi-referensi yang menjelaskan Alquran sebagai media penyembuh. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Alquran di Rumah sakit Islam Jemursari Surabaya terdapat dalam tiga bentuk, yakni: Pertama, pemutaran murottal Alquran yang diputar setiap hari namun karena adanya kendala pemutaran murottal dilakukan hanya di hari Jumat pagi, Kedua, pembacaan Al-Fatihah sebanyak tiga kali sehari kedua di antaranya dilakukan melalui speaker rumah sakit di pagi dan sore hari sisanya dilakukan ke ruangan-ruangan pasien. Ketiga, dalam bentuk kaligrafi Alquran. Adapun resepsi masyarakat pada Alquran sebagai penyembuh bagi kesembuhan pasien dibahas menggunakan tiga dimensi makna dari teori sosiologi pengetahuan milik Karl Mannheim. Tiga dimensi makna ini adalah, makna obyektif, makna ekspresif, dan makna dokumenter. Makna obyektif secara umum ditemukan dua garis besar asumsi masyarakat terkait penggunaan Alquran sebagai media shifa’ di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya, yaitu masyarakat yang sadar dan yaang tidak mengetahui bahwa Alquran merupakan penyembuh bagi segala macam penyakit, Kemudian makna ekspresif, makna ini berupa tindakan yang ditunjukkan oleh pelaku pengobatan adalah menunaikan tugas dalam pekerjaannya, sedangkan yang ditunjukkan oleh masyarakat adalah menghaparkan kesembuhan. Dan makna dokumenter adalah aspek tersembunyi yang bisa ditemui dari segi kebudayaan, sosial, estetika dalam penggunaan Alquran sebagai media shifa’ pada keseharian masyarakat. Kata Kunci: Resepsi, Alquran, Shifa’ dan Kesembuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetya, Anggia Nahlaanggia.nahla@gmail.comE93216056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, PurwantoUNSPECIFIED1197804172009011009
Thesis advisorIchwayudi, BudiUNSPECIFIED1999003042015031004
Subjects: Kedokteran > Kedokteran dan Agama
Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Anggia nahla Prasetya
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:54
Last Modified: 02 Jan 2020 07:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38001

Actions (login required)

View Item View Item