Studi tentang pemikiran Nasionalisme KH. Wahab Chasbullah dan implementasinya (1914-1934)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halimi, Muhammad Ihkam (2019) Studi tentang pemikiran Nasionalisme KH. Wahab Chasbullah dan implementasinya (1914-1934). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ihkam_A92215102.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini di tulis dengan judul “Studi tentang Pemikiran Nasionalisme KH. Wahab Chasbullah dan Implementasinya 1914 – 1934. Dengan fokus terhadap 1. Biografi KH. Abdul Wahab Chasbullah 2. Pemikiran Pemikiran KH. Wahab Chasbullah tentang Nasionalisme 3. Bentuk bentuk Implementasi dari Pemikiran KH. Whab Chasbullah. Dengan Judul dan Fokus dari isi pembahasan tersebut akan ditemukan bentuk Pemikiran Pemikiran Nasionalisme seperti apa yang diharapkan dan di inginkan KH. Wahab Chasbullah. Pendekatan ini menggunakan pendekatan historis denganTeori yang digunakan dalam pembahasan ini menggunakanTeori “‘ashabiyah” ibnu kaldundan teori “Peran”Menurut Soerjono Soekanto.Teori peran adalah suatu tindakan yang dilakukan seseorang berdasarkan suatu peristiwa yang melatar belakanginya. Peristiwa tersebut dapat menentukan status dan kedudukan, sesuai dengan lingkungan yang mempengaruhi dirinya dalam bertindak. Teori tersebut cocok dengan apa yang di bahas dalam Skripsi ini, ketika seorang KH. Wahab Chasbullah salah satu Seorang pemikir yang bergerak dalam lingkungan pesantren yang melakukan gerakan dalam skala Nasional.Dalam uraian diatas penulis menyimpulkan mulai dari biografi KH. Wahab Chasbullah, dirinya membuat pergerakan - pergerakan dari pemikirannya tentang cinta tanah air dan terlahirlah sebuah forum Taswirul Afkar, Nahdlatul Wathan, Syubbanul Wathan dan yang paling dirasa sampai saat ini adalah Nahdlatul Ulama. yang itu semua menjadi titik awal sebuah gerakan besar dalam perjuangan melawan penjajah. dan sosok KH. Wahab Chasbullah adalah seorang inspirator penggagas awal dan penggerak dari keterpurukan menuju kemerdekaan Indonesia

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halimi, Muhammad Ihkammuhammadihkam77@gmail.comA92215102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMedan, Abdul AzizUNSPECIFIED195509041985031001
Subjects: Islam
Pemikiran
Nasionalisme
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Nasionalisme; Kh. Wahab chasbullah .
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Ihkam Halimi
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:02
Last Modified: 03 Jan 2020 02:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/37976

Actions (login required)

View Item View Item