PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS II A MI ROUDLOTUL BANAT BEBEKAN TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qani'ah, Binti (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS II A MI ROUDLOTUL BANAT BEBEKAN TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Iklim pembelajaran yang dikembangkan oleh guru mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dan kegairahan belajar. demikian pula kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
Kondisi di lapangan , karena aspek metodologis dan pendekatan pembelajaran ekspositorik cukup dominan digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran ilmu pengetahuan Sosial (IPS), maka berakibat pada rendahnya prosentase keberhasilan siswa mencapai kompetensi yang ada, yang ditandai dengan pencapaian nilai ulangan Ilmu Pengetahuan Siswa (IPS) yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal ) yang telah ditetapkan sebelumnya.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran IPS? (b) Apakah dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPS?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa kelas II A MI Roudlotul Banat Tahun Pelajaran 2014/2015.(b) Ingin mengetahui seberapa jauh peningkatan hasil belajar siswa kelas II A MI Roudlotul Banat Tahun Pelajaran 2014/2015 pada pelajaran IPS setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas kelas II A MI Roudlotul Banat Bebekan Taman Tahun Pelajaran 2014/2015 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, dan lembar observasi kegiatan belajar- mengajar.
Simpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) juga mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS, hal ini ditunjukkan dengan antusiasnya siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran di kelas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yuni Arrifadah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qani'ah, BintiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Teams Games Tournament (TGT)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2016 23:55
Last Modified: 21 Jan 2016 23:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3797

Actions (login required)

View Item View Item